Pengaruh Disiplin Kampus Melalui Skorsing Terhadap Pembentukan Kerohanian Mahasiswa Di Sekolah Tinggi Theologia Jaffray Makassar

  • Yareba Sobolim Sekolah Tinggi Theologia Jaffray Makassar
  • Leonard Sumule Sekolah Tinggi Theologia Jaffray Makassar
Keywords: Disiplin, Skorsing, Kepribadian, Mahasiswa, Sekolah Tinggi Theologia Jaffray Makassar

Abstract

Disiplin skorsing adalah salah satu disiplin  yang sangat bermutu dalam menangani kasus-kasus skorsing yang terjadi pada mahasiswa, secara khusus pada kehidupan mahasiswa  membutuhkan peran dari seseorang yang lebih dewasa dalam menolong masalah pribadi yang mereka alami. Sekolah Tinggi Theologia Jaffray Makassar adalah salah satu sekolah teologi yang memiliki lembaga akademik pelayanan disiplin demi menolong mahasiswa yang membutuhkan pelayanan rohani supaya dapat disiplin berguna bagi mahasiswa. Selama penulis melakukan penelitian terhadap mahasiswa Sekolah Tinggi Theologia Jaffray Makassar, didapati bahwa beberapa mahasiswa yang sudah mengikuti proses skorsing  telah mengalami dampak yang sangat baik dari proses disiplin  tersebut. Dampaknya bisa kita lihat dari perubahan pada kedisiplinan yang buruk menjadi tingkat rohani yang lebih baik. Masalah yang mereka gumuli adalah bersifat privasi yaitu pacaran, kehidupan bebas (hubungan seks, merokok, minuman keras atau disingkat miras), kepahitan, simpan dendam, egois, sulit memaafkan orang yang bersalah kepada mereka, pornografi dan malas mengikuti kuliah serta kapel. Semuanya itu bisa dapat diatasi dengan baik, karena salah disiplin skorsing pengaruh seseorang yang kehidupannya untuk menolong mahasiswa yang memiliki kasus-kasus skorsing yang ada atas. Ada dampak yang sangat baik terhadap mahasiswa Sekolah Tinggi Theologia Jaffray Makassar setelah mengalami disiplin.

References

Abineno, J. L. Ch. Doa Menurut Perjanjian Baru. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2008.
Aritonang, Jan S. Teologi Perjajian Baru 2. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2012.
Boice, James Montgomery. Dasar-Dasar Iman Kristen. Surabaya: Momentum, 2011.
Brake, Andrew. Spiritual Formation. Bandung: Kalam Hidup, 2014.
Buku Pedoman Maba STT Jaffray Makassar. Makassar: Sekolah Tinggi Theologia Jaffray, 2017. Belum dipublikasikan.
Clarke, Andrew D. Satu Allah Satu Tuhan. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2011.
Cully, Iris V. Dinamika Pendidikan Kristen. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2015.
Darmaputera, Eka. Menjadi Saksi Kristus: Pemahaman Kitab Kisah Para Rasul Tentang Pekabaran Injil Ke Seluruh Dunia. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2013.
Djamarah, Syaiful Bahri. Rahasia Sukses Belajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2002.
Drescher, John M. Tujuh Kebutuhan Anak. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2009.
Edison, Thomas dkk. Sertifikasi Guru Dalam Jabatan Pengawas. Ambon: Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan Sekolah Tinggi Agama Kristen Protestan Negeri Ambon, 2012.
Ferguson, Sinclair B. Kehidupan Kristen: Sebuah Pengantar Doktrinal. Surabaya: Momentum, 2011.
Fizthugh, Dodson. Mendisiplinkan Anak Dengan Kasih Sayang. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 1991.
Foster, Richard J. Tertib Rohani Sudahkah Anda Menapakinya. Malang: Gandum Mas, 2005.
Groome, Thomas. Christian Religious Education: Pendidikan Agama Kristen. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2010.
Gunarsa, Singgih D., Yulia Singgih D. Gunarsa. Psikologi Perkembangan Anak Dan Remaja. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2011.
Henry, Matthew. Tafsiran Matthew Henry: Kitab Kisah Para Rasul. Surabaya: Momentum, 2014.
Huang, Betty. “Pemulihan Traumatik Terhadap Penyintas Yang Mengalami Pelecehan Seksual Di Masa Kanak-Kanak Di Sekolah Tinggi Theologia Jaffray Makassar.” Jurnal Jaffray 11, No. 2 (Oktober 2013):59-87. Diakses 22 Agustus 2018. http://ojs.sttjaffray.ac.id/index.php/JJV71/article/duownload/81/pdf_67.
Johnston, Russ & Maureen Rank. Tidak Ada Yang Mustahil Bagi Allah. Bandung: Yayasan Kalam Hidup, 2000.
Kartono, Kartini. Patologi Sosial 2 Kenakalan Remaja. Jakarta: PT Raja Garindo Persada, 2002
Linn, Jason Stephen. R. A. Jaffray, Pelayanan dan Karyanya di China Hingga Asia Tenggara. Bandung: Yayasan Kalam Hidup, 2010.
Maiaweng, Peniel C. D. Kelompok Penelaahan Alkitab Panduan dan Materi. Makassar: Sekolah Tinggi Theologia Jaffray, 2013.
Nainggolan, John M. Guru Agama Kristen Sebagai Panggilan dan Profesi. Bandung: Bina Media Informasi, 2010.
Nasir, Moh. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia, 1988.
Nuhamara, Daniel dkk. Pendidikan Agama Kristen Di Perguruan Tinggi Umum. Bandung: Bina Media Informasi, 2007.
Nurhayati, Eti. Psikologi Pendidikan Inovatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011.
Pardamean, Maruli. Sukses Dalam Segala Hal. Yogyakarta: Andi Offset, 2014.
Petersen, William J. & Randy Petersen. 100 Jawaban Doa Yang Menakjubkan. Bandung: Kalam Hidup, 2013.
Pfeiffer, Charles F., Everett F. Harrison. The Wycliffe Bible Commentary: Tafsiran Alkitab Wycliffe Volume 1 Perjanjian Lama: Kejadian-Ester. Malang: Gandum Mas, 2014.
Prasasati, Aliffia Teja. “Pengaruh Disiplin Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas X SMK Bina Karya Insan Tangerang Selatan.” Utility: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Ekonomi 1, No. 1 (Februari 2017):65-74. Diakses 21 Mei 2018. https://media.neliti.com/media/publications/168579-ID-pengaruh-disiplin-dan-motivasi-belajar-t.pdf.
Prince, Derek. Doa dan Puasa Menentukan Masa Depan. Jakarta: Yayasan Pekabaran Injil Immanuel, 1992.
Setiawani, Mary Go. Menerobos Dunia Anak. Bandung: Kalam Hidup, 2000.
Shelton, Charles M. Menuju Kedewasaan Kristen. Yogyakarta: KANISIUS, 1987.
Simanjuntak, Junihot. Filsafat Pendidikan dan Pendidikan Kristen. Yogyakarta: ANDI, 2013.
Sumanto. Metodologi penelitian Sosial & Pendidikan. Yogyakarta: ANDI, 1990.
Sumantri, Bambang. “Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI SMK PGRI Ngawi Tahun Pelajaran 2009/2010.” Media Prestasi VI, No. 3 (Desember 2010):117-131. Diakses 12 April 2018. http://jurnal.stkipngawi.ac.id/index.php/mp/article/viewFile/53pdf_25.
Suplig, Andrew Maurice. “Pengaruh Kecanduan Game Online Siswa kelas X terhadap Kecerdasan Sosial Sekolah Kristen Swasta Di Makassar.” Jurnal Jaffray 15, No. 2 (Oktober 2017):177-200.
Tong, Stephen. Seni Membentuk Karakter Kristen: Hikmat Guru dan Ayah Bunda. Surabaya: Lembaga Reformed Injili Indonesia, 2008.
Singarimbun, Masri. Metode Penelitian Surveii. Jakarta: n.p., 1989.
Sumanto. Metode Penelitian Sosial dan Pendidikan. Yogyakarta: ANDI Offsett, 1990.
Widi, Eggy Nararrya Narendra, dkk. “Kedisiplinan Siswa-Siswi SMA Ditinjau Dari Perilaku Shalat Wajib Lima Waktu.” Jurnal Psikologi Islam 4, No. 2 (2017):135-150. Diakses 7 Juni 2018. http://jpi.api-himpsi.org/index.php/jpi/article/download/45/24/.
Wiersbe, Warren W. Pendalaman Perjanjian Baru Kisah Para Rasul: Dinamis Di Dalam Kristus. Bandung: Kalam Hidup, 2002.
Wijaya, Hengki. Khotbah Untuk Pendidikan Warga Jemaat. Makassar: Sekolah Tinggi Theologia Jaffray, 2018.
Wijaya, Hengki (ed.). Metodologi Penelitian Pendidikan Teologi. Makassar: Sekolah Tinggi Theologia Jaffray, 2016.
Williamson, G. I. Katekismus Singkat Westminster 1. Surabaya: Momentum, 2006.
Published
2019-02-12
How to Cite
Yareba Sobolim, & Leonard Sumule. (2019). Pengaruh Disiplin Kampus Melalui Skorsing Terhadap Pembentukan Kerohanian Mahasiswa Di Sekolah Tinggi Theologia Jaffray Makassar. Repository Skripsi Online, 1(4), 247-255. Retrieved from https://skripsi.sttjaffray.ac.id/index.php/skripsi/article/view/59