Pengaruh Dukungan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V Di Sekolah Dasar Negeri 001 Pana’ Kabupaten Mamasa

  • Marlina Bungan Sekolah Tinggi Theologia Jaffray Makassar
  • Leonard Sumule Sekolah Tinggi Theologia Jaffray Makassar
Keywords: Dukungan, Orang Tua, Prestasi Belajar, Siswa

Abstract

Orang tua adalah lingkungan pertama anak untuk belajar segala sesuatunya, seperti pendapat Rosalia Emmy bahwa orang tua adalah pendidik utama sebelum anak masuk kependidikan formal,dilanjutkan dengan pendapat suharyadi pendidikan yang ditanamkan merupakan beni yang akan tumbuh menjadi cabang-cabang ilmu perilaku, akhlak, dan karakter. Dengan demikian, orang tua sebagai guru utama harus melakukan tanggungjawabnya dengan baik, dalam mendidik dan mendukung anak dalam berbagai aspek terlebih khusus dalam pendidikan anak. Tujuan penulisan skripsi ini adalah untuk melihat bagaimana pengaruh dukungan orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas V di SDN 001 Pana’ Kabupaten Mamasa. Penulis menggunakan jenis penelitian yang bersifat kuantitatif dengan menggunakan angket untuk siswa kelas V di SDN 001 Pana’ dan melakukan wawancara langsung ke beberapa orang tua siswa.

Dari penelitian yang telah dilakukan maka dapat diperoleh kesimpulan bahwa: 1) Dukungan orang tua terhadap pendidikan anak sangat besar pengaruhnya untuk meningkatkan prestasi belajar anak. 2) Jika orang tua dapat memberikan dukungan yang benar kepada anak seperti memotivasi, membimbing, memperhatikan, memberi kenyamanan dalam belajar dan melengkapi setiap fasilitas belajar anak, maka anak akan mampu mencapai prestasi yang lebih baik, 3) di SDN 001 Pana’ dukungan orang tua dalam mendidik, membimbing, memotivasi, memberikan perhatian masih kurang. Namun bentuk dukungan orang tua dalam sosial ekonomi sudah baik karena orang tua sudah berusaha untuk menyediakan fasilitas belajar anak dengan cara menjual hasil pertanian.

References

Akram, Misbah Utsman. 25 Kiat Membentuk Anak. Jakarta: Gema Insani Press, 2005.
Ali, Mohamad. Penelitian Kependidikan, Prosedur dan Strategi. Bandung: Angkasa, 2013.
Anggraeni, Rennisa. “Hubungan Persepsi Perhatian Orang Tua dan Kedisiplinan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X IPS SMA Negeri,” Sosialitas; Jurnal Ilmiah Pend. Sos Ant 6, No. 2 (Maret 2015):1-9 diakses 10 April 2018, http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/sosant/article/view/5612.
Bungin, Burhin. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana, 2005.
Chomaria, Nurul. 25 Perilaku Anak dan Solusinya. Jakarta: Gramedia, 2013.
Darmadi. Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: Budi Utama, 2017.
Dharma, Surya. Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, 2008.
Dimyati, Mudjiono. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2002.
Duha, Timotius. Perilaku Organisasi. Yogyakarta: Budi Utama, 2014.
Emmy, Rosalia. Menjadi Oramg Tua Cerdas. Yogyakarta: Kanisius, 2008.
Ermi, Epida. Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar IPA dengan Pendekatan Metakognitif Kelas VI Di SDN 153 Pekanbaru. Pekanbaru: Sekolah Dasar Negeri 153 Pekanbaru, 2017.
Graha, Chairinniza. Keberhasilan Anak di Tangan Orang Tua. Jakarta: Gramedia, 2017.
Gunarsa, Singgih D. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2008.
________________. Psikologi Perkembangan. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 1972.

¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬________________. Psikologi untuk K¬¬¬¬¬¬eluarga. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 1976.
Gunarsa, Singgih D., Yulia Gunarsa. Psikologi Praktis Anak Remaja dan Keluarga. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2011.
Gunarsa, Yulia Singgih D., Singgih D. Gunarsa. Psikologi untuk Membimbing. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 1980.
Hakim, Thursan. Belajar Secara Efektif. Jakarta: Pustaka Pembangunan Swadaya Nusantara, 2005.
Hariandja, Marihot Tua Efendi. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Grasindo, 2002.
Kapan', Polikarpus. "Dampak Partisipasi Orangtua dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada SMU Kristen Diakui Makassar" Jurnal Jaffray [Online], Volume 6 Nomor 2 (1 Oktober 2008).
Karwono, H., Heni Mularsih. Belajar dan Pembelajaran serta Pemanfaatan Sumber Belajar. Depok: RajaGrafindo, 2017.
Kelompok Kerja Pendidikan Agama Kristen dan Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia, Bertumbuh dalam Kristus. Buku Siswa Pendidikan Agama Kristen Kelas 10 Sekolah Menengah Atas. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2009.
MacArthur, John. Kiat Sukses Mendidik Anak dalam Tuhan. Jakarta: Imanuel, 2004.
Marliya, Lina, Fransisca I.R. Dewi, P. Tommy Y.S Suyasa. “Persepsi Terhadap Dukungan Orang Tua dan Pembuatan Keputusan Karir Remaja.” Journal Provitae 1, No. 1 (Desember 2004), 1-63.
Maruanaya, Vita, dan Weismann, Ivan. "Peran Orang Tua Terhadap Perkembangan Pribadi Remaja Atas Pemanfaatan Internet di Kalangan Remaja di SMU Advent Makassar." Jurnal Jaffray [Online], Volume 8 Nomor 1 (1 April 2010).
Masduki. Jurnalistik Radio: Menata Profesionalisme Repoter dan Penyiar. Yogyakarta: LKIS, 2001.
Mawarsih, Siska Eko. “Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMA Negeri Jumapolo.” Jurnal JUPE UNS 1, No. 3 (Juni 2013):1-13 Diakses 16 Maret 2018. https://media.neliti.com/media/publications/13563-ID-pengaruh-perhatian-orang-tua-dan-motivasi-belajar-terhadap-prestasi-belajar-sisw.pdf.
Muhammad, Mustari. Nilai Karakter: Refleksi untuk Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Grasindo, 2011.
Murniasih, Elia. Mengenal Keluarga Jakarta: Cerdas Interaktif, 2008.
Narwanti, Sri. Pendidikan Karakter: Pengintekrasian 18 Nilai Pembentukan Karakter dalam Mata Pelajaran. Yogyakarta: Familia, 2011.
Nasar. Panduan Pembelajaran Tematik. Jakarta: Grasindo, 2010.
Nasution. Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2004.
Pangarso, J. E. Siswo. Jurus Jitu Mendampingi Belajar Anak di Usia Emas. Jakarta: Gramedia, 2017.
Rhayu, Ratna. “Peningkatan Karakter Tanggung Jawab Siswa SD Melalui Penilaian Produk pada Pembelajaran Mind Mapping.” Jurnal Konseling Gusjigang 2, No. 1 (Januari-Juni 2016):1-7. Diakses 2 Mei 2018. https://media.neliti.com/.../107736-ID-peningkatan-karakter-tanggung-jawab-sisw.pdf.
Rimm, Sylvia. Mengapa Anak Pintar Memperoleh Nilai Buruk. Jakarta: Grasindo, 1997.
Rusman. Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana, 2017.
Setiawan, Ratih Zimmer Ganda. Mengoptimalkan IQ dan EQ Anak Melalui Metode Sensomotori. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2009.
Shochib, Moh. Pola Asuh Orang Tua. Jakarta: Rineka Cipta, 1998.
SimanJuntak. Pendidikan Kewarganegaraan SMP dan MTS Kelas 1X. Jakarta: Grasindo, 2007.
SimanJuntak, Julianto. Roswitha Ndraha. Mendidik Anak Utuh, Menuai Keturunan Tangguh. Jakarta: Pelikan Indonesia, 2010.
Siyoto, Sandu, Ali Sodik. Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing, 2015.
Suardi, Moh. Belajar dan pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish, 2018.
Suharyadi, Mendidik dengan Hati. Jakarta: Gramedia, 2012.
Sunardi, Suwanto, Yuliana, Murtini. Ayo Belajar di Sekolah: untuk Kelas 3 SD. Yogyakarta: Kanisius, 2010.
Sumantri, Bambang. “Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI SMK PGRI 4 Ngawi Tahun Pelajaran 2009/2010.” Media Prestasi 1, No. 3 (Desember 2010):1-15. Diakses 8 Mei 2018. http://jurnal.stkipngawi.ac.id/index.php/mp/article/viewFile/53/pdf_25.
Suparno, Paul, Detty Titisari, Kartono, Moerti Yoedho Koesoemo, Theo Riyanto, Triyono. Pendidikan Budi Pekerti untuk SMP. Yogyakarta: Kanisius, 2004.
Suryabrata, Sumardi. Psikologi Pendidikan. Jakarta: RajaGrafindo persada, 2005.
Suryana, Dadan. Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana, 2016.
Susanto, Ahmad. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana, 2013.
Sutadipura, Baldani. Aneka Problema Keguruan. Bandung: Angkasa, 1985.

Syarbini, H., Amirullo Heri Gunawan. Mencetak Anak Hebat. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2014.
Tim Dosen PAI, Penelitian dalam Pendidikan Agma Islam. Yogyakarta: Budi Utama, 2016.
Tim Pengembang Ilmu Pendidikan. Ilmu dan Aplikasi Pendidikan. Jakarta: IMTIMA, 2007.
Tirtonegoro, Sutartina. Anak Super Normal dan Pendidikannya. Jakarta: Bui Aksara, 2001.
Umar, Husein. Metode Riset Bisnis: Panduan Mahasiswa untuk Melaksanakan Risetm Dilengkapi Contoh Proposal dan Hasil Riset Bidang Manajeman dan Akuntansi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2002.
Wijanarko, J., Ester Setiawati. Ayah Ibu Baik. Jakarta: Keluarga Indonesia Bahagia, 2016.
Wijanarko, Jarot. Mendidik Anak untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional dan Spritual. Jakarta: Gramedia, 2015.
Wijaya, Hengki (ed.). Metodologi Penelitian Pendidikan Teologi. Makassar: Sekolah Tinggi Theologia Jaffray, 2016.
Published
2019-02-12