Peran Strategi Mengajar Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V Di SD Kristen Kalam Kudus Makassar

  • Novita Pe’pan Sekolah Tinggi Theologia Jaffray Makassar
  • Sarce Rien Hana Sekolah Tinggi Theologia Jaffray Makassar
Keywords: Peran, Strategi Mengajar Guru, Prestasi Belajar, Siswa

Abstract

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. (1) Dari ketiga guru yaitu guru Bahasa Indonesia, Matematika dan IPA semuanya sudah sangat berperan aktif dalam proses belajar mengajar. (2) Dari ketiga guru tersebut semuanya sudah menggunakan strategi mengajar dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Strategi yang digunakan guru Bahasa Indonesia yaitu diskusi dan tanya jawab, guru Matematika menggunakan strategi ekspositori dan deduktif dan guru IPA menggunakan strategi ceramah dan praktik. (3) Dari ketiga guru di atas semuanya sudah  meningkatkan prestasi belajar siswanya sehingga bagi siswa yang memiliki prestasi menurun bisa ada peningkatan. (4) Dari ketiga guru yaitu guru Bahasa Indonesia, Matematika dan IPA semuanya dalam menyampaikan pembelajaran dimengerti oleh siswa(i)nya. Hanya saja perlu ditingkatkan lagi terutama bagi guru Matematika dalam menyampaikan pembelajaran ketika siswanya tidak mengerti perlu ada pengulangan penjelasan sehingga siswa yang mendengarkan penjelasan bisa mengerti dengan baik. (5) Dari ketiga guru tersebut harus selalu tepat waktu dalam mengajar sehingga jam pelajaran tidak berkurang dan siswa(i) tidak ribut dan tidak keluar masuk dalam kelas. (6) Siswa perlu mengetahui bahwa prestasi merupakan hasil yang telah dicapai dari setiap pembelajaran bukan hanya tiga pelajaran yang telah penulis teliti di atas tetapi semua pelajaran yang telah diajarkan oleh setiap guru di bidang mata pelajaran. Oleh karena itu siswa yang memiliki prestasi baik adalah siswa yang mau belajar sama seperti yang telah dijelaskan dalam bab II.

References

Ali, Mohamad. Penelitian Kependidikan Prosedur dan Strategi. Bandung: Angkasa, 1985.
Aritonang, Keke T. “Minat dan Motivasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.” Jurnal Pendidikan Penabur 7, No. 10 (Juni 2008):11-21. Diakses 22 Februari 2018. http://www.academia.edu/9717290/Minat_dan_Motivasi_dalam_Meningkatkan_Hasil_Belajar_Siswa.
Astika, Made, DAN Bunga, Selvianty. "Hubungan Kompetensi Sosial Guru Kristen Terhadap Perkembangan Karakter Siswa: Tantangan Pendidikan Kristen Dalam Mencerdaskan Youth Generation" Jurnal Jaffray [Online], Volume 14 Nomor 1 (10 Maret 2016).
Basri, Hasan. Paradigma Baru Sistem Pembelajaran. Bandung: Pustaka Setia, 2015.
Barnadib, Sutari Imam. Pengantar Ilmu Pendidikan Sistematis. Yogyakarta: ANDI Offset, 1989.
Busthan, Paskalinus C. Catatan Kuliah Seminar Pendidikan Agama Kristen. Makassar: Sekolah Tinggi Theologia Jaffray, 2018. Belum dipublikasikan.
Drost, Josephus Ignatius Gerardus Maria. Sekolah: Mengajar atau Mendidik? Yogyakarta: Kanisius, 1998.
Gunarsa, Singgih D., dan Y. Singgih D. Gunarsa. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 1991.
_________________. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2011.
_________________. Psikologi Praktis Anak, Remaja, dan Keluarga. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2010.
Hulu, Yuprieli, dkk. Bertumbuh Dalam Kristus. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2012.
I. L. Pasaribu dan B. Simandjuntak. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Tarsito, 1983
Karwono dan Heni Mularsih. Belajar dan Pembelajaran. Depok: Rajawali Pers, 2017.
________________. Belajar Dan Pembelajaran Serta Pemanfaatan Sumber Belajar. Depok: RajaGrafindo Persada, 2017.
Khan, Shafiqui Ali. Filsafat Pendidikan Al-Ghazali. Bandung: Pustaka Setia, 2005.
Kuhns, Janet. "Mengajar Secara Kreatif" Jurnal Jaffray [Online], Volume 1 Nomor 1 (5 Januari 2005)
Kunarsih, Imas and Berlin Sani. Lebih Memahami Konsep dan Proses Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara, 2017.
Langgulung, Hasan. Pendidikan dan Peradaban Islam. Jakarta: Pustaka Al-Husna, 1985.
Naim, Ngainun. Menjadi Guru Inspiratif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009.
Nainggolan, John M. Guru Agama Kristen Sebagai Panggilan dan Profesi. Bandung: Bina Media Informasi, 2010.
Nidawati. “Belajar Dalam Perspektif Psikologi dan Agama.” Jurnal Pionir 1, No. 1 (Juli-Desember 2013):13-28. Diakses 20 Agustus 2018. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/Pionir/article/download/153/134.
Nurdin, Syaifudin, dan Basyiruddin Usman. Guru Professional dan Implementasi Kurikulum. Jakarta: Ciputat Pers, 2002.
Popham, W. James dan Eva L. Baker. Bagaimana Mengajar Secara Sistematis. Yogyakarta: Kanisius, 1981.
Rivai, Viithzal, dan Sylviana Murni. Education Manajement: Analisis Teori dan Praktik. Jakarta: Rajawali Pers, 2012.
Santrock, John W. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Prada Media Grup, 2008.
Siagian, Roida Eva Flora. “Pengaruh Minat Dan Kebiasaan Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika.” Jurnal Formatif 2, No. 2 (Desember 2008):122-123. Diakses 21 Februari 2018. http://www.academia.edu/7189642/Jurnal_Formatif_2_2_122-131_-122__Pengaruh_Minat_Dan_Kebiasaan_Belajar_Siswa_Terrhadap_Prestasi_Belajar_Matematika.
Sumantri, Mohamad Syair. Strategi Pembelajaran: Teori dan Parktik di Tingkat Pendidikan Dasar. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2015.
Surya, Mohamad. Psikologi Guru Konsep dan Aplikasi dari Guru untuk Guru. Bandung: Penerbit Alfabeta, 2013.
Sidjabat, B. S. Mengajar Secara Profesional. Bandung: Yayasan Kalam Hidup, 2009.
Syah, Muhibbin. Psikologi Pendidikan dan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2010.
Sardiman. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta, RajaGrafindo Persada Offset, 2000.
Sanjaya, Wina. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana, 2006.
____________. Kurikulum & Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers, 2011.
____________. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: RajaGrafindo, 2011.
____________. Penelitian Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2013.
____________. Kurikulum dan Pembelajaran Teori dan Praktek Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2008.
Sudjana, Nana. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya, 1989.
Setiawan, Mary Go. Merobos Dunia Anak. Bandung: Yayasan Kalam Hidup, 2004.
Silver, Harvey F., Richard W. Strong, dan Matthew J. Perini. Strategi-strategi Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta, 2012.
Trianto. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup, 2009.
Tim Didaktik Metodik Kurikulum IKIP Surabaya. Pengantar Didaktik Metodik Kurikulum PBM. Jakarta: CV Rajawali, 1984.
Tim Pengembangan Ilmu Pendidikan. Ilmu & Aplikasi Pendidikan. Jakarta: Imperial Bhakti Utama, 2007.
Uno, Hamzah B. Nina Lamatenggo. Tugas Guru Dalam Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara, 2016.
Winkey, W. S. Psikologi Pembelajaran. Jakarta: Gramedia, 1989.
Wilgito, Bimo. Bimbingan Dan Penyuluhan Disekolah. Yogyakarta: Yayasan Penerbit Fakultas Psikologi, 1982.
Wahidmurni, Alfin Mustikawan dan Ali Ridho. Evaluasi Pembelajaran / Kompetensi dan Praktik. Yogyakarta: Nuha Litera, 2010.
Wijaya, Hengki (ed.). Metodologi Penelitian Pendidikan Teologi. Makassar: Sekolah Tinggi Theologia Jaffray, 2016.
Yamin, Martinis. Desain Pembelajaran Berbasis Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Referensi, 2012.
Yaumi, Muhammad. Pendidikan Karakter Landasan, Pilar & Implementasi. Jakarta: Prenadamedia Gruop, 2014.
Published
2019-02-12
How to Cite
Novita Pe’pan, & Sarce Rien Hana. (2019). Peran Strategi Mengajar Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V Di SD Kristen Kalam Kudus Makassar. Repository Skripsi Online, 1(4), 205-212. Retrieved from https://skripsi.sttjaffray.ac.id/index.php/skripsi/article/view/52