Peran Guru Dalam Proses Pembelajaran PAK Terhadap Minat Belajar Siswa Kristen SMA Kelas X-XII Di Bukit Shalom Ubud

  • Juari Lugan Sekolah Tinggi Theologia Jaffray Makassar
  • Sarce Rien Hana Sekolah Tinggi Theologia Jaffray Makassar
Keywords: Peran Guru, Metode Mengajar, Minat Belajar

Abstract

Peran guru dalam dunia pendidikan sangat penting khususnya dalam belajar dan mengajar dengan tujuan menolong siswa untuk mengenal dunia pendidikan dari yang tidak tahu menjadi tahu, terlebih untuk mengenal kebenaran Allah. Keadaan lingkungan dapat mempengaruhi seorang dalam belajar karena itu peran guru dalam proses belajar sangat diperlukan agar minat belajar siswa dapat meningkat khususnya dalam mata pelajaran PAK. Tujuan penulisan skripsi ini adalah bagaimana peran guru dapat meningkatkan minat belajar siswa khususnya mata pelajaran PAK.

Alasan penulis mengangkat judul penulisan skripsi ini dikarnakan selama penulis melaksanakan praktik di GKII Bukit Shalom Ubud, penulis memperhatikan bahwa siswa kristen termasuk minoritas di setiap sekolah yang ada di Gianyar, dan tidak ada guru yang mengajar mata pelajaran PAK. Oleh karena itu gereja dipercayakan untuk menangani mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen, dan satu hal yang penulis perhatikan selama ada di sana siswa sangat berantusias mengikuti kelas PAK. Dikarenakan itu penulis ingin mengetahui apa yang menjadi peran guru dalam proses pembelajaran PAK untuk meningkatkan minat belajar siswa. Adapun metode yang digunakan penulis dalam penulisan karya ilmiah ini adalah metode kualitatif dengan mengunakan pengumpulan data sebagai berikut: studi kepustakaan dan melakukan wawancara terhadap guru PAK serta siswa Kristen yang mengikuti pelajaran PAK di GKII Bukit Shalom Ubud. Dari hasil penelitian yang sudah dilakukan maka penulis menarik kesimpulan bahwa peran seorang guru PAK sangat mempengaruhi minat belajar siswa baik itu persiapan guru secara koqnitif, keterampilan mengelola dalam kelas, metode yang digunakan, maupun hubungan guru secara emosianal dengan siswa sangat menentukan minat belajar siswa.

References

Armstrong, Thomas. Kinds of Smart Menemukan Dan Meningkatkan Kecerdasan Anda Berdasarkan Teori. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2002.
Basrudin. Dkk. “Penerapan Metode tanya Jawab Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Sumber Daya Alam Di Kelas IV SDN Farufia Kecamatan Bahodopi.” Jurnal Kreatif Tadulako Online 1, No. 1 (2013):214-227. Diakses 21 Juni 2018.
https://media.neliti.com/media/publications/110168-ID-penerapan-metode-tanya-jawab-untuk-menin.pdf
Brummelen, Harro Van. Batu Loncatan Kurikulum. Tangerang: Universitas Pelita Harapan, 2008.
Darmawan, I Putu Ayub. Menjadi Guru yang Terampil. Bandung: Kalam Hidup, 2014.
Day, Terry Jean. Kisah Tokoh-tokoh Alkitab Unik dalam Alkitab. Bandung: Kalam Hidup, 2012.
Darmadi, H. Pengembangan Model Metode Pembelajaran Dalam Diamika Belajar Siswa. Yogyakarta: Budi Utama, 2017.
Fatmawati, Erma. Profil Pesantren Mahasiswa: Karakteristik Kurikulum, Desain Pengembangan Kurikulum, Peran Pemimpin Pesantren. Yogyakarta: LKIS Pelangi Aksara 2015.
Harsanto, Radno. Pengelolaan Kelas Yang Dinamis. Yogyakarta: Kanisius, 2011.
Herijulianti, E., Dkk. Pendidikan Kesehatan Gigi. Jakarta: Buku Kedokteran, 2002.
Hakim, Thursan. Belajar Secara Efektif. Jakarta: Puspa Swara, Anggota IKAPI, 2008.
Johnson, Elaine B. Contextual Teaching & Learning Menjadikan Kegiatan Belajar-Mengajar Mengasikkan dan Bermakna. Bandung: Penerbit MLC, 2007.
Kuhns, Janet. "Mengajar Secara Kreatif" Jurnal Jaffray [Online], Volume 1 Nomor 1 (5 Januari 2005)
Kurniasih, I., Berlin Sani. Mengajar Sukses Panduan Lengkap Menjadi Guru Kreatif dan Inovatif. Yogyakarta: Pustaka Diantara 2017.
Kristiawan, M., Dkk. Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Budi Utama 2017.
Mahdalena, Sri. “Pengunaan Metode Tanya Jawab Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran PKN di Kelas V.” Jurnal Penelitian dan Pembelajaran 3, No. 3 (2014):1-14. Diakses 21 Juni 2018. http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/download/4919/pdf.
Nasution, T., Nurhalijajah Nasution. Peranan Orang Tua Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Anak. Jakarta: Gunung Mulia, 1989.
Nainggolan, John M. Guru Agama Kristen Sebagai Panggilan dan Profesi Bandung: Bina Media Informasi, 2010.
______________. PAK Dalam Masyrakat Majemuk. Bandung: Bina Media Informasi, 2009.

Nuhamara, Daniel. Pembimbing PAK. Bandung: Jurnal Info Media, 2007
Surbakti, E. B. Questions Answers Teenagers. Jakarta: Elex Kamputindo, 2011.
Retnowati. Perempuan-perempuan Dalam Alkitab. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2011.
Sidjabat, B Samuel. Strategi Pendidikan Kristen. Yogyakarta: Andi Offset 1999.
Sanjaya, Wina. Strategi Pembelajaran Berorentasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana, 2014.
Salman, Muh Syukur. Menjadi guru yang dicintai siswa. Yogyakarta: Deepublish 2015.
Sidjabat, B. S. Mengajar Secara Profesional. Bandung: Kalam Hidup, 2014.
Stefanus, Daniel. Sejarah PAK Tokoh-tokoh Besar PAK. Bandung: Bina Media Informasi. 2009.
Susanto, Ahmad. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada media Group, 2016.
Saifuddin. Pengelolan Pembelajaran Teoretis dan Praktis. Yogyakarta: Budi Utama 2015.
Sumar, Warni T., Intan Abdul Razak. Strategi Pembelajaran Salam Implikasi Kurikulum Berbasis Soft Skill. Yogyakarta: Budi Utama, 2016.
Sunhaji. “Konsep Manajemen Kelas Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran.” Jurnal Kependidikan 2, No 2 (2014):30-46. Diakses 25 Juni 2018. https://media.neliti.com/media/publications/104713-ID-konsep-manajemen-kel
as-dan-implikasinya.pdf
Surya, Hendra. Strategi Jitu Mencapai Kesuksesan Belajar. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2011.
Syardiansah. “Hubungan Motivasi Belajar dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Mata Kuliah Pengantar Manajemen (Studi Kasus Mahasiswa Tingkat 1 EKM A Semester II).” Jurnal Manajemen dan Keuangan 5, No. 1 (2016):440-448. Diakses 15 Agustus 2018. http://ejournal.iainpurwokerto.ac.id/index.php/jurnalkependidikan/article/view/551/494
Tacoy, Selvester M. Membimbing dengan Hati Teori dan Teknik Konseling Alkitabiah. Jakarta: Media Gracia, 2011.
Toyyibah, Ibay. Cara Belajar Gue Banget. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2017.
Uno, Hamza B., Nina Lematenggo. Tugas Guru Dalam Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara, 2016.
Usman, Moh. Uzer. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya, 1998.
Usman, Husaini., Purnomo setiadi Akbar, Metode Peneltian Sosial. Jakarta: Bumi Aksara 1996.
Widiasworo, Erwin. Cerdas Pengelolaan Kelas. Yogyakarta: Diva Press, 2018.
Wahidmurni. Evaluasi Pembelajaran Kopetensi dan Praktik. Yogyakarta: Nuha Litera, 2010.
Wijaya, Hengki (ed.). Metodologi Penelitian Pendidikan Teologi. Makassar: Sekolah Tinggi Theologia Jaffray, 2016.
Yamin, Martinis Desain Pembelajaran Berbasis Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Referensi, 2013.
Yusuf, Ahmad M., Dkk. “Hubungan Metode Tanya Jawab dengan Minat Belajar Perserta Didik pada mata Pelajaran Agama Islam.” Jurnal Al-Thariqah 2, No. 1 (2017):89-110. Diakses 21 Juni 2018. https://journal.uir.ac.id/index.php/althariqah/article/view/650
Published
2019-02-12