Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Perkembangan Moral Siswa Kelas 5 Di Sekolah Dasar Inpres Pante Deere Kabupaten Alor

  • Esterie Rempe' Sekolah Tinggi Theologia Jaffray Makassar
  • Tri Supartini Sekolah Tinggi Theologia Jaffray Makassar
Keywords: Moral, Peran, Guru, Siswa, Pendidikan Agama Kristen

Abstract

Tujuan penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran guru Pendidikan Agama Kristen dalam perkembangan moral siswa kelas 5 di Sekolah Dasar Inpres Pante Deere Kabupaten Alor. Dari penelitian yang telah dilakukan, maka  diperoleh kesimpulan bahwa: pertama, dari ketiga peran guru yaitu sebagai pendidik, pembimbing dan sebagai motivator sudah sangat baik. Guru telah menjalankan perannya dengan sangat baik. Guru mendidik anak didiknya untuk memiliki perilaku jujur, sopan dan menghormati orang tua. Guru juga mendidik dengan mangajarkan materi pelajaran dengan baik dan menanamkan nilai-nilai kebenaran firman Tuhan. Guru membimbing anak didik dengan baik seperti membimbing anak ketika menghadapi masalah pelajaran maupun dengan orang-orang di sekitar dan guru juga memberi motivasi kepada anak didik dengan sangat baik dapat dilihat ketika guru memberikan pujian kepada anak saat anak mendapatkan nilai yang baik dan memberikan semangat siswa dalam mengikuti pelajaran di sekolah. Kedua, perkembangan moral anak rata-rata berada pada tingkat prakonvensional tahap kedua orentasi intrumental-relativis karena bergantung pada faktor pribadi dan kesenangan dari anak itu sendiri, seperti suka berkata-kata kotor, memukul teman dan berkata kasar merupakan bentuk kesenangan dari anak itu sendiri, yang menjadi faktor penyebabnya ialah lingkungan tempat tinggal anak didik yang membuat anak mengikuti perilaku tersebut. Ketiga, peran guru pendidikan agama kristen dalam perkembangan moral siswa kelas 5 dikatakan kurang berpengaruh karena berdasarkan hasil angket, pengamatan dan wawancara dapat dijumpai bahwa walaupun guru sudah menjalankan peran sebagai, pendidik, pembimbing, dan sebagai motivator dengan sangat baik, namun anak-anak sendiri memilih untuk tidak mengikuti ajaran atau pendidikan yang diberikan oleh guru.

 

References

Astika, Made, DAN Bunga, Selvianty. "Hubungan Kompetensi Sosial Guru Kristen Terhadap Perkembangan Karakter Siswa: Tantangan Pendidikan Kristen Dalam Mencerdaskan Youth Generation" Jurnal Jaffray [Online], Volume 14 Nomor 1 (10 Maret 2016).
Black, James A. dan Dean J. Champion. Metode dan Masalah Penelitian Sosial. Bandung: Refika Aditama, 1999.
Brake, Andrew. Spiritual Formation. Bandung: Yayasan Kalam Hidup, 2014.
Boiliu, Noh Ibrahim. “Misi Pendidikan Agama Kristen dan Problem Moralitas Anak.” Jurnal Pendidikan Agama Kristen Regula Fidel 1 No.1 (Maret 2016):1-26.
Busthan, Paskalinus C. Materi Kuliah: Seminar Pendidikan Agama Kristen. Makassar: Sekolah Tinggi Theologia Jaffray, 2018.
Cahyono. “Pengaruh Kedisiplinan Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran PKN Di SMK Pasundan 1 Subang.” Jurnal PGSD Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Subang I, No. 2 (Juli 2016):1-12.
Gunarsa, Singgih D. dan Yulia Singgih D. Gunarsa, Psikologi Perkembangan Anak Dan Remaja (Jakarta: BPK Gunung Mulia, 1991.
Gunarsa, Singgih D. Dasar Dan Teori Perkembangan Anak. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 1982.
_______________. Psikologi Perkembangan. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 1972.

Gunarsa, Y. Singgih D. dan Singgih D. Gunarsa. Psikologi untuk Membimbing. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 1980.
Hadiwijono, Harun. Inilah Sahadatku. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 1981.
H, Zaenuddin M. The Best Teachers:200 Dalil Motivasi untuk Menjadi Guru Terbaik &
Sukses. Jakarta: indeks, 2017.
Homrighausen, E. G. dan Enklaar. Pendidikan Agama Kristen. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 1957.
Ibda, Fatimah. “Pendidikan Moral Anak Melalui Pengajaran Bidang Studi PPKN Dan pendidikan Agama.” Jurnal Ilmiah Didaktika XII, No. 2 (Februari 2013):1-10. Diakses 18 Februari 2018. https://jurnal.ar-rainary.ac.id/index.php/didaktika/article/viewFile/457/368.
Ibung, Dian. Mengembangkan Nilai Moral pada Anak. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2009.
Ismail, Andar. Ajarlah Mereka Melakukan. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 1998.
Kurniawan, Syamsul. Pendidikan Karakter: Konsepsi & Implementasinya secara Terpadi Di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi, dan Masyarakat. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2013.
Kusmitasari, Reni Muh. Najib Husain, Husain. “Persepsi Mahasiswa Pada Sistem Layanan Sirkulasi di UPT Perpustakaan Universitar Halu Oleo.” Jurnal Ilmu Komunikasi UHO Vol 1, No. 3 (2016):1-22. Diakses 18 Juni 2018. http://ojs.uho.ac.id/index.php/KOMUNIKASI/search/authors/view?firstName=Reni&middleName=&lastName=Kusmitasari&a99ffiliation=Halu%200University&country=.
Maharani, Laila. “Perkembangan Moral Pada Anak.” Jurnal Bimbingan Dan Konseling 1, No. 2 (2014):1-6.
Mudlfir, Ali. Pendidik Profesional. Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2012.
Nainggolan, John M. Guru Agama Kristen: Sebagai Panggilan dan profesi. Bandung: Bina Media Informasi, 2010.
Nasir, Moh. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia, 1988.
P, Harianto G. Pendidikan Agama Kristen dalam Alkitab dan Dunia Pendidikan Masa Kini. Yogyakarta: ANDI, 2012.
Putranto, Mudji Sutrisno dan Hendar. Teori-Teori Kebudayaan. Yogyakarta: KANISIUS, 2005.
Richards, Lawrence O. Pelayanan Kepada Anak-anak. Bandung: Kalam Hidup, 2007.
Saifuddin. Pengelolaan Pembelajaran Teoritis dan Praktis. Yogyakarta: Deapublish, 2014.
Setiawani, Mary Go. Pembaruan Mengajar. Bandung: Yayasan Kalam Hidup, 1993.
Sidjabat, B. S. Mengajar Secara Profesional. Bandung: Yayasan Kalam Hidup, 2011.
__________. Mengajar Secara Profesional. Bandung: Yayasan Kalam Hidup, 2000.
__________. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Yayasan Kalam Hidup, 2009.
Sidjabat, Samuel. Strategi Pendidikan Kristen: Suatu Tinjauan Teologi-Filosofis. Yogyakarta: Yayasan ANDI, 1994.
Sit, Masganti. Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kharisma Putra Utama, 2017.
Siyoto, Sandu. Dasar Metodologi Penelitian. Karanganyar:Literasi Media Publishing, 2015.
Subagyo, Andreas B. Pengantar Riset Kualitatif dan Kuantitatif. Bandung: Yayasan Kalam Hidup, 2004.
Sugiarti, dan Eggy Fajar Andalas, Perspektif Etik Dalam Penelitian Sastra. Malang: UMM Press, 2018.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA, 2015.
Susanto, Ahmad. Perkembangan Anak Usia Dini: Pengantar dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Kencana, 2011.
Uno, Hamzah B. Tugas Guru Dalam Pembelajaran Aspek Yang Memengaruhi. Jakarta: Pt Bumi Aksara, 2016.
Usman, Husaini dan Purnomo Setiady Akbar. Metode Penelitian Sosial. Jakarta: Bumi Aksara, 1996.
Usman, Moh. Uzer. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya, 1998.
Wijaya, Hengki (ed.). Metodologi Penelitian Pendidikan Teologi. Makassar: Sekolah Tinggi Theologia Jaffray, 2016.
Z, Mulyana A. Rahasia Menjadi Guru Hebat. Surabaya: Grasindo, 2010.
Published
2019-02-12
How to Cite
Esterie Rempe’, & Tri Supartini. (2019). Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Perkembangan Moral Siswa Kelas 5 Di Sekolah Dasar Inpres Pante Deere Kabupaten Alor. Repository Skripsi Online, 1(2), 87-93. Retrieved from https://skripsi.sttjaffray.ac.id/index.php/skripsi/article/view/29