PENGARUH KECANDUAN MEDIA SOSIAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWI ASRAMA DI SEKOLAH TINGGI FILSAFAT JAFFRAY MAKASSAR

  • Sari Jani Sekolah Tinggi Filsafat Theologia Jaffray Makassar
  • Ivan Th. J. Weismann Sekolah Tinggi Filsafat Theologia Jaffray
Keywords: Media Sosial, Kecanduan, Prestasi Belajar

Abstract

Tujuan penulisan dari skripsi ini adalah, untuk mengetahui pengaruh kecanduan media sosial dalam asrama dan memberikan hasil penelitian pengaruh kecanduan media sosial terhadap prestasi belajar. Adapu metode penelitian yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah dengan menggunakan metode kuantitatif. Dan untuk melakukan  penelitian tersebut hal yang dilakukan, yaitu: Pertama, pengambilan dan pengumpulan data melalui buku, jurnal, dan skripsi online yang berkaitan dengan judul yang dibahas dalam skripsi ini. Kedua, observasi lapangan dan menyebarkan angket tertutup kepada mahasiswi sebagai responden. Ketiga, wawancara langsung kepada mahasiwi. Kesimpulan dari penulisan ini, ialah: Pertama, Seseorang yang sudah kecanduan media sosial akan sulit untuk lepas karena sudah menjadi sutu kegemaran dan tidak nyaman jika tidak bermain media sosial. Kedua, prestasi belajar adalah sesuatu yang telah dicapai, dan diperoleh dalam mengikuti proses belajar. Ketiga, dari hasil koefisien korelasi antara kecanduan media sosial terhadap prestasi belajar adalah 0,661 berarti kedua variabel tersebut memiliki hubungan yang sangat kuat. Dan konstribusi kecanduan media sosial memberikan pengaruh pada prestasi belajar sebesar 65% yaitu sangat kuat.

Kata-Kata Kunci: Media sosial, Kecanduan, Prestasi belajar, Mahasiswa asrama, STF Jaffray.

References

Adrianus, Beni, Daniel, Elga, Enda, Fadjroel, Hafiz, dkk. Social Media Nation. Jakarta: Prasetiya Mulya, 2013.
Ali. Penelitian Kependidikan. Bandung: Angkasa, 1981.
Amiluddin, Risnawati, dan Sugiman Sugiman. “Pengaruh Problem Posing dan PBL Terhadap Prestasi Belajar, dan Motivasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika.” Jurnal Riset Pendidikan Matematika 3, no. 1 (8 Mei 2016): 100–108. Diakses 18 Juli 2019. https://doi.org/10.21831/jrpm.v3i1.7303.
Anwar, Fahmi. “Perubahan Dan Permasalahan Media Sosial.” Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora Dan Seni 1, no. 1 (10 Mei 2017). 137. Diakses 22 Mei 2018. https://doi.org/10.24912/jmishumsen.v1i1.343.
Arifah Nur. Panduan Lengkap Menyususn Dan Menulis Skripsi, Tesis, Dan Disertasi Lengkap Dengan Teknik Jitu Menyusun Proposal Agar Segera Disetujui. Yogyakarta: Araska, 2018.
Ariyanto, Anang. “Hubungan Antara Kontrol Diri Dengan Kecanduan Internet Pada Remaja Di Surakarta. Diakses 30 Agustus 2019. https://docplayer.info/90819200-Hubungan-antara-kontrol-diri-dengan-kecanduan-internet-pada-remaja-di-surakarta.html.
Chou Hellen pratama. Cyber Smart Parenting. Bandung: Visi Anugerah Indonesia, 2012.
Gustam, Rizky Ramanda. “Karakteristik Media Sosial Dalam Membentuk Budaya Populer Korean Pop Di Kalangan Komunitas Samarinda dan Balikpapan.” eJournal Ilmu Komunikasi 3 (2015): 19. Diakses 23 Mei 2019. https://ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id/site/?p=1806
Dhias, Anggarefni Nurmihasti. “Dampak Kegiatan Mengakses Facebook Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kompetensi Keahlian Jasa Boga Kelas Xi Di Smk N 3 Wonosari.” Skripsi, UNY, 2015, 1-140. https://eprints.uny.ac.id/26229/.
Darmadi. Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish, 2017.
Sitti Nurhalimah. Media Sosial Dan Masyarakat Pesisir: Refleksi Pemikiran Mahasiswa Bidikmisi. Jogyakarta: Deepublish, 2019.
Fa, Chang Khui, dan Liana. Dating Insight - Season 1: Insightful Christian Dating Bible Principle. Bandung: Visi Press, 2014.
Fahmi Gunawan, Dkk. Religion Society dan Social Media. Jogyakarta: Deepublish, 2018.
Fernando, Samuel. Bad Habit. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2018.
Hakim, Siti Nurina, dan Aliffatullah Alyu Raj. “Dampak Kecanduan Internet (Internet Addiction) Pada Remaja.” Prosiding Temu Ilmiah Nasional X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia 1, no. 0 (22 Agustus 2017). 280 Diakses 25 Juni 2019. http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/ippi/article/view/2200.
Hakim, Thirsan. Belajar secara Efektif. Jakarta: Niaga Swadaya, 2005.
Hasanuddin dkk. Anxieties/desires. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2011.
Hasmawaty. “Kemampuan Menyimak Anak Melalui Kegiatan Bercerita (Studi Kasus Pada Taman Penitipan Anak Athirah Makassar).” Jurnal Ilmu Teologi dan Pendidikan Agama Kristen 1, no. 1 (Juni 2020): 55-68. https://ojs.sttjaffray.ac.id/jitpk/article/view/463/pdf_4.
Kamus Besar Bahasa Indonesia.
Kristiyanto, Daud. “Definisi Kognitif, Afektif, Dan Psikomotorik.” Diakses 18 Juli 2019. https://www.academia.edu/9127924/Definisi_Kognitif_Afektif_Dan_Psikomotorik.
Latubessy, Anastasya, dan Ahmad Jazuli. “Analisis Model Penelusuran Backward Chaining dalam Mendeteksi Tingkat Kecanduan Game pada Anak.” Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer 5, no. 4 (13 Oktober 2017): 129. Diakses 18 Agustus 2019. https://doi.org/10.14710/jtsiskom.5.4.2017.129-134.
Zaiful Rosyid, Mustajab Mansyur, dan Aminol Rosid Abdullah Prestasi Belajar. Malang: Literasi Nusantara, 2019.
Arinda Firdianti. Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Yogyakarta: Gre Publishing, 2018.
Mahi M. Hikmat. Jurnalistik: Literary Journalism. Jakarta Timur: Kencana, 2018.
“Mengenal Sekolah Tinggi Theologia Jaffray Makassar.” Diakses 9 Juli 2019. https://www.sttjaffray.ac.id/profil/mengenal-stt-jaffray.
Nastir. Metodologi Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia, 1988.
Muhibbin, Syah. Psikologi Belajar. Depok: Rajagrafindo Persada, 2017.
Mustaqim. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Fakultas Tabiyah Iain Walisongo Semarang, 2008.
Nurhayati, Eti. Psikologi Pendidikan Inovatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011.
Nurwati, Andi. “Penilaian Ranah Psikomotorik Siswa Dalam Pelajaran Bahasa.” Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 9, no. 2 (27 September 2014).12. Diakses 18 Juli 2019. https://doi.org/10.21043/edukasia.v9i2.781.
Pransanti, Ditha. “Perubahan Media Komunikasi Dalam Pola Komunikasi Keluarga Di Era Digital.” Commed: Jurnal Komunikasi Dan Media 1, no. 1 (17 Juli 2017): 69–81. Diakses 28 Febuari 2019. http://ejournal.upbatam.ac.id/index.php/commed/article/view/115.
Primartiwi, Anggita, dan Agus Naryoso. “Pengaruh Intensitas Mengakses Media Sosial Youtube dan Komunikasi Peer Group Terhadap Prestasi Belajar Siswa.” Interaksi Online 7, no. 3 (4 Juli 2019), 158–73. Diakses 4 september 2019. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/interaksi-online/article/view/24132
Pribadi, Benny A. Desain dan Pengembangan Program Pelatihan Berbasis Kompetensi Implementasi Model Addie. Jakarta: Kencana, 2016.
Rahadi, Dedi Rianto. “Perilaku Pengguna Dan Informasi Hoax Di Media Sosial.” Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan 5, no. 1 (30 Juni 2017): 58–70. Diakses 5 Juni 2019. https://doi.org/10.26905/jmdk.v5i1.1342.
Ramdhani, Muhamad. “Pengaruh Sosial Media (Facebook) Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Singaperbangsa (Unsika) Karawang.” Jurnal Politikom Indonesiana 1, no. 1 (27 Juli 2016): 66. Diakses 4 September 2019. https://journal.unsika.ac.id/index.php/politikomindonesiana/article/view/325.
Ramadhona, Rossa. 8 Jam Pintar Membuat Kuis Berbasis ICT Bagi Guru. Uwais Inspirasi Indonesia, 2019.
Rismawati, Nadya, dan Gida Kadarisma. “Analisis Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Smp.” Journal on Education 1, no. 2 (2018): 491–96. Diakses 28 Januari 2019. http://jonedu.org/index.php/joe/article/view/102.
Rohmadi, Arif. Tips Produktif Ber-Social Media. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2016.
Veithzal. The Economics of Education: Mengelola Pendidikan Secara. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2014.
Sari, Ayu Permata, Asmidir Ilyas, dan Ifdil Ifdil. “Tingkat Kecanduan Internet pada Remaja Awal.” JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia) 3, no. 2 (31 Desember 2017) 45. Diakses 20 Mei 2019. https://doi.org/10.29210/02018190.
Sari, Ayu Permata, dan Novera Utami. “Pengaruh Intensitas Penggunaan Internet Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di Sma Negeri 13 Kerinci.” Juang: Jurnal Wahana Konseling 2, no. 1 (28 Maret 2019) 1–12.Diakses 16 Juli 2019. https://doi.org/10.31851/juang.v2i1.2647.
Sareong, Irene Priskila dan Tri Supartini. “Hubungan Komunikasi Interpersonal Guru dan Siswa Terhadap Keaktifan Belajar Siswa di SMA Kristen Pelita Kasih Makassar.” Jurnal Ilmu Teologi dan Pendidikan Agama Kristen 1, no. 1 (Juni 2020): 29-42. https://ojs.sttjaffray.ac.id/jitpk/article/view/466/pdf_2.
Serli dan Hengki Wijaya. “Metode Permainan Dalam Meningkatkan Pemahaman Firman Tuhan Pada Remaja GKII Okahapi Sumba Timur.” Jurnal Ilmu Teologi dan Pendidikan Agama Kristen 1, no. 1 (Juni 2020): 17-28. https://ojs.sttjaffray.ac.id/jitpk/article/view/459/pdf_1.
Soetjipto, Helly P. “Pengujian Validitas Konstruk Kriteria Kecanduan Internet.” Jurnal Psikologi 32, no. 2 (2005): 74-91–91. Diakses 16 Juli 2019, https://doi.org/10.22146/jpsi.7072.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta, 2015.
Suliswidiawati, Yuli. Menggapai Hidup Bahagia. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2015.
Syarbini, Amirulloh. Model Pendidikan Karakter Dalam Keluarga. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2014.
Tan, Thomas. Teaching is an Art: Maximize Your Teaching. Jogyakarta: Deepublish, 2017.
“Visi Dan Misi.” Diakses 9 Juli 2019. https://www.sttjaffray.ac.id/profil/visi-dan-misi.
Widiana, Herlina Siwi, Sofia Retnowati, dan Rahma Hidayat. “Kontrol Diri Dan Kecenderungan Kecanduan Internet.” Indonesian Psychologycal Journal 1, no. 1 (2004): 6–16. Diakses 15 Juli 2019. https://e-resources.perpusnas.go.id:2217/publications/24526/kontrol-diri-dan-kecenderungan-kecanduan-internet.
Widiyanto, Mikha Agus. Statistika Penelitian Bidang Teologi, Pendidikan Agama Kristen, & Pelayanan Gereja: Lengkap Dengan Konsep Dan Aplikasi SPSS. Bandung: Kalam Hidup, 2014.
Wijaya (ed), Hengki. Metodologi Penelitian Pendidikan Teologi. Makassar: Sekolah Tinggi Theologia Jaffray, 2016.
Ziveria, Mira. “Pemanfaatan Media Sosial Facebook Sebagai Sarana Efektif Pendukung Kegiatan Perkuliahan di Program Studi Sistem Informasi Institut Teknologi dan Bisnis Kalbe” 4 (2017) 10. Diakses 8 Agustus 2019. http://research.kalbis.ac.id/Research/Files/Article/Full/9OCEBKL914ADXEAFCRLZLT2DP.pdf.
Published
2021-03-01
How to Cite
Jani, S., & Weismann, I. T. J. (2021). PENGARUH KECANDUAN MEDIA SOSIAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWI ASRAMA DI SEKOLAH TINGGI FILSAFAT JAFFRAY MAKASSAR. Repository Skripsi Online, 3(1), 158-165. Retrieved from https://skripsi.sttjaffray.ac.id/index.php/skripsi/article/view/120