PENGARUH PENGGUNAAN HANDPHONE TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA SEKOLAH TINGGI FILSAFAT JAFFRAY MAKASSAR

  • Octavianus Octavianus Sekolah Tinggi Filsafat Theologia Jaffray Makassar
  • Ivan Th. J. Weismann Sekolah Tinggi Filsafat Theologia Jaffray
Keywords: Handphone, Pengaruh, Prestasi, Mahasiswa

Abstract

Adapun tujuan penulisan karya ilmiah ini adalah: Untuk mengetahui pengaruh penggunaan handphone terhadap prestasi belajar mahasiswa Sekolah Tinggi Filsafat Jaffray Makassar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Dan untuk melakukan metode tersebut maka penulis terlebih dahulu melakukan: Pertama, pengambilan dan pengumpulan data melalui jurnal dan buku-buku berkaitan dengan judul yang dibahas dalam skripsi. Kedua, dengan menyebarkan angket kepada mahasiswa Sekolah Tinggi Filsafat Jaffray Makassar. Ketiga, dengan melakukan wawancara langsung kepada pengguna handphone sebagai penguat data. Dari hasil pembahasaan penulis menarik kesimpulan sebagai berikut: pengaruh handphone, sebanyak 87% responden menggunakan handphone sebagai tempat menghilangkan kejenuhan. Ada 42% dari responden mengakses facebook/whatsapp lebih lama dari pada waktu belajar. Ada 89% responden yang menjadikan youtube sebagai media belajar. Ada 89% responden yang sering memanfaatkan google untuk mendukung dalam Pendidikan. Prestasi belajar, seluruh responden merupakan pengguna handphone, dan nilai rata-rata IP minimal C. Secara eksternal, rata-rata 89% responden dapat beradaptasi dengan lingkungan. Ada 98% responden setuju bahwa telah mengalami perubahan kognitif dari apa yang telah dipelajari. Dari 98% ada 88% responden menunjukan peningkatan prestasi. Berdasarkan teori konstruktivisme, rata-rata semua responden menjadikan pengalaman sebagai tempat belajar. Dari semua responden 81% yang mengalami peningkatan nilai IP. Ada pengaruh penggunaan handphone terhadap prestasi belajar mahasiswa dengan hasil korelasi 0.688 berartinya handphone memberi pengaruh sebesar 47%.

References

Ali, Mohamad. Penelitian Kependidikan. Bandung: Bumi Angkasa, 1981.
Amin, Mukhamat Fatkhur. “Pengaruh Smartphone Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas 8 MTs. Wali Songo Sugihwaras Bojonegoro.” Skripsi, Sarjana Pendidikan Agama Islam Surabaya, 2018. http://digilib.uinsby.ac.id/27216/#.
Augusta, Gardenia. “Pengaruh Penggunaan Smartphone Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Malaui Motivasi Belajar.” Skripsi, S.Pd, Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, 2018. https://repository.usd.ac.id/17687/.
Badaruddin, Achmad. Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Konseling Klasikal. Padang: Abe Kreatifindo, 2015.
Barus, Ulian dan Suratno, Manfaat Candi Bahal Sebagai Media Pembelajaran Alam Terbuka Dalam Proses Belajar Mengajar. Medan: DIPA Wilayah 1, 2015.
Data Profil Sekolah Tinggi Filsafat Jaffray Makassar. Diakses 16 Juni 2019. https://www.sttjaffray.ac.id/profil/mengenal-stt-jaffray.
Darmadi. Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran Dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: Penerbit Deepublish, 2017.
Darmanto, Sri Wardaya, dan Titik Dwiyani, Bauran Orientasi Strategi Dan Kinerja Organisasi Penerapan Variabel Anteseden, Moderasi, Dan Mediasi Dalam Penelitian Ilmiah. Yogyakarta: Penerbit Deepublish, 2015.
Dandim, Sudarwan. Riset Keperawatan: Sejarah dan Metodologi. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC, 2002.
Duludu, Ummyssalam A.T.A. Buku Ajar Kurikulum Bahan Dan Media Pembelajaran PLS. Yogyakarta: Penerbit Deepublish, 2017.
Endra, Febri. Pedoman Metodologi Penelitian. Sidoarjo: Penerbit Zifatama Jawara, 2017.
Fasilitas Kampus Sekolah Tinggi Filsafat Jaffray Makassar.
https://www.sttjaffray.ac.id/fasilitas-layanan/fasilitas-kampus.
Faiqah, Fatty. Muhammad Nadjib dan Andi Subhan Amisr. “Youtube Sebagai Sarana Komunikasi Bagi Komunitas Makassarvidgram.” Jurnal Ilmu Komunikasi 5, No. 2, (2016): 259-272. http://journal.unhas.ac.id/index.php/kareba/article/view/1905.
Fatmawati, Sri. Nina Ariesta, Laily Yunita Susanti, Darmaji dan Surya Rosa Putra. Desain Labolatorium Skala Mini Untuk Pembelajaran Sains Terpadu. Yogyakarta: Penerbit Deepublish, 2015.
Firdaus dan Fakhry Zamzam. Aplikasi Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Penerbit Deepublish, 2018.
Firda, Sabila J. Arum Faiza. Arus Metamorfosa Milenial. Kendal: Penerbit Ernest, 2019.
Firdianti, Arinda. Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar. Yogyakarta: Gre Publishing, 2018.
Gondrasi, Aleysius H. Rahasia 5 Eleman Untuk Cerdas dan Sukses Sri Mulyani, Bill Gates dan Steve Jobs. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2012.
Hakim, Thursan. Belajar Secara Efektif. Jakarta: Puspa Swara, 2005.
Hamdi, Asep Saepul. Metode Penelitian Kuantitatif Aplikasi Dalam Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish, 2014.
Harso dan Ridhi Syukra. 2018, Pengguna Smartohone Capai 100 Juta. Berita Satu, 20 Maret 2019. https://id.beritasatu.com/home/2018-pengguna-smartphone-capai-100-juta/176965.
Hasmawaty. “Kemampuan Menyimak Anak Melalui Kegiatan Bercerita (Studi Kasus Pada Taman Penitipan Anak Athirah Makassar).” Jurnal Ilmu Teologi dan Pendidikan Agama Kristen 1, no. 1 (Juni 2020): 55-68. https://ojs.sttjaffray.ac.id/jitpk/article/view/463/pdf_4.
Iswidharmanjaya, Derry dan Beranda Agency. Bila Si Kecil Bermain Gadget. Jakarta: EGC, 2014.
Juju, Dominikus. Seri Penuntun Praktis Facebook. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2013.
Juraman, Stefanus Rodrick. “Manfaat Smartphone Android Oleh Mahasiswa Ilmu Komunikasi Dalam Mengakses Informasi Edukatif,” Jurnal Acta Diurna 3 (2014): 14-15. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/actadiurna/article/view/4493.
Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka, 2001.
Klaudia, Jenifer. “Pengaruh Penggunaan Smartphone Terhadap Pertumbuhan Kerohani Mahasiswa-Mahasiswi Di Sekolah Tinggi Theologia Jaffray Makassar.” Skripsi, S.Pd, Sekolah Tinggi Filsafat Jaffray, 2017.
Komputer, Wahana. Kupas Tuntas Aplikasi Terbaik dan Populer Google Play. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2012.
Komaruudin. Kamus Riset. Bandung: Angkasa, 1984.
Kustiawan, Usep. Pengembangan Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Malang: Penerbit Gunung Samudra, 2016.
Kurniawan, Iwan Setia dan Topik Hidayat. “Aplikasi Smartphone Dalam Pembelajaran Biologi,” dalam Ketut Wikantika. Bunga Rampai Forum Peneliti Muda Indonesia 2017. Bandung: ITB, 2017.
Mikha Agus Widiyanto. Statistik Untuk Penelitian Bidang Teologi, Pendidikan Agama Kristen & Pelayanan Gereja: Lengkap dengan konsep dan Aplikasi SPSS. Bandung: Kalam Hidup, 2014.
Munadi, Yudhi. Media Pembelajaran: Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Gaung Persada, 2008. Diikuti oleh Andi Prastowo, Sumber Belajar & Pusat Pembelajaran. Depok: Prenadamedia Group, 2018.
Naim, Ngainun. Menjadi Guru Inspiratif Memberdayakan Dan Mengubah Jalan Hidup Siswa. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011.
Nazir. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia, 1983.
Neolaka, Amos dan Grace Amilia. Landasan Pendidikan Dasar Pengenalan Diri Sendiri Manuju Perubahan Hidup. Depok: Kencana, 2017.
Nizarwati, Yusuf Hartono dan Nyimas Aisyah, “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berorientasi Konstruktivisme Untuk Mengejarkan Konsep Perbandingan Trigonometri Siswa Kelas X SMA,” Jurnal Pendidikan Matematika 3, no. 2 (2009): 57-72. http://eprints.unsri.ac.id/823/.
Nuryanto, Hery. Sejarah Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: Balai Pustaka, 2012.
Maria, Naova. “Pengaruh Penggunaan Smartphone Terhadap Nilai Akademik Mahasiswa,” 4, No.2 (2013): 652-658.
https://journal.binus.ac.id/index.php/comtech/article/view/2488.
Pernama, Kamel Setia. “Ketika Pengguna Internet dan Smartphone Terus meningkat, Android Dominasi Pasar Indonesia dan Dunia.” Bandung: Tribun Jabar.id, 3 April 2019. http://jabar.tribunnews.com/2019/01/24/ketika-pengguna-internet-dan-smartphone-terus-meningkat-android-dominasi-pasar-indonesia-dan-dunia.
Sudirdjo, Sudarsono. dan Eveline Siregar, Media Pembelajaran Sebagai Pilihan Dalam Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana, 2007, Sudarsono Sudirjo dan Eveline Siregas mengutip Dewi Salma Prawiradilaga dan Eveline Siregar. Mozaik Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana, 2004.
Pratama, Hellen Chou. Cyber Smart Pranting. Bandung: Visi Anugerah Indonesia, 2012.
Putrawangsa, Desain Pembelajaran: Design Research Sebagai Pendekatan Desain Pembelajaran. Mataram: Reka Karya Amerta, 2018.
Purwanto, Endy. “2018: Pengguna Smartphone Indonesia Tembus 103 Juta Orang.” Ayoo berita.com. Diakses 07 April 2019. https://www.ayooberita.com/berita-----2018-pengguna-smartphone-indonesia-tembus-103-juta-orang.
Pimpinan STF Jaffray Makassar. Diakses 16 Juni 2019.
https://www.sttjaffray.ac.id/profil/pimpinan-stt-jaffray-makassar.
R. Wilman dan Riyan. Mengenali dan Mengatasi Kerusakan Software Handphone. Tanggerang: Kawan Pustaka, 2006.
Rahmayani, Indah. “Indonesia Raksasa Teknologi Digital Asia.” Kementrian Komunikasi Dan Informatika Republik Indonesia, 02 Oktober 2019. https://www.kominfo.go.id/ content/ detail/ 6095/indonesia-raksasa-teknologi-digital-asia/0/sorotan_media.
Resti. “Penggunaan Smartphone Di Kalangan Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Riau, Pekan Baru.” Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Riau 2, No. 1 (2015): 1-15. https://jom.unri.ac.id/index.php/JOMFSIP/article/view/4840/4722.
Riyana, Cepy. Media Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian RI, 20112.
Rusman. Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana, 2017.
Sareong, Irene Priskila dan Tri Supartini. “Hubungan Komunikasi Interpersonal Guru dan Siswa Terhadap Keaktifan Belajar Siswa di SMA Kristen Pelita Kasih Makassar.” Jurnal Ilmu Teologi dan Pendidikan Agama Kristen 1, no. 1 (Juni 2020): 29-42. https://ojs.sttjaffray.ac.id/jitpk/article/view/466/pdf_2.
Satrianawati. Media Dan Sumber Belajar. Yogyakarta: Penerbit Deepublish, 2018.
Serli dan Hengki Wijaya. “Metode Permainan Dalam Meningkatkan Pemahaman Firman Tuhan Pada Remaja GKII Okahapi Sumba Timur.” Jurnal Ilmu Teologi dan Pendidikan Agama Kristen 1, no. 1 (Juni 2020): 17-28. https://ojs.sttjaffray.ac.id/jitpk/article/view/459/pdf_1.
Setiawan, Andi. Belajar dan Pembelajaran. Sidoharjo: Uwais Inspirasi Indonesi, 2002.
Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, “Jumlah Pengguna Telekomunikasi Seluler Prabayar Hasil Rekonsiliasi dan Berakhirnya Program Registrasi Ulang.” SIARAN PERS NO. 112/HM/KOMINFO/05/2018. Diakses 20 Maret 2019. https://kominfo.go.id/index.php/ content/detail /13125/siaran-pers-no- 112hmkominfo052018-tentang-jumlah-pelanggan- telekomunikasi-seluler-prabayar- hasil-rekonsiliasi-dan-berakhirnya-program-registrasi-ulang/0/siaran_pers.
Susanto, Dedy. “Penggunaan Smartphone Dan Locus of Control: Keterkaitannya Dengan Prestasi Belajar, Kualitas Tidur, Dan Subjective Well-Being.” Jurnal Psikologi Sosial 16, No. 2 (2018): 125-138.
http://journal.ui.ac.id/index.php/jps/article/view/jps.2018.12.
Sulastri, Yuyu Laila dan Luki Liqmanul Hakim. “Belajar Berbasis Mobile.” Jurnal Pengajaran MIPA 19, No. 2 (2013): 173-178.
http://journal.fpmipa.upi.edu/index.php/jpmipa/article/view/458.
Sukrillah, Ratnamulyani dan Kusumadinata. “Manfaat Media Sosial Melalui WhatsApp Group FEI Sebagai Saran Komunikasi.” Jurnal Komunikatio 3, No. 2 (2018): 59-104. https://www.researchgate.net/publication/324629426_PEMANFAATAN_MEDIA_SOSIAL_MELALUI_WHATSAPP_GROUP_FEI_SEBAGAI_SARANA_KOMUNIKASI.
Suparno, Paul. Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Yogyakarta: Penerbit Kanisius, 2006.
Sumantri, Mohamad Syarif. Strategi Pembelajaran. Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2016.
Suparadi, Yuniar. Optimlisasi HP dan SimCard Pribadi. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2011.
Tim Redaksi. “Youtube, Medsos No.1 Di Indonesia.” Dkatadata.co.id, Kamis, 23 Mei 2019. https://katadata.co.id/infografik/2019/03/06/youtube-medsos-no-1-di-indonesia.
Timbowo, Deify. “Manfaat Penggunaan Smartphone Sebagai Media Komunikasi,” E-Jurnal Acta Diurna 5, No. 2 (2016): 1-13.
https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/actadiurna/article/view/11719.
Tolle, Herman. Aryo Pinandito, Agi Putra, Kharisma, Ratih Kartika Dewi. Pengembangan Aplikasi Perangkat Bergerak. Malang: UB Press, 2017.
TV, Saddha. “Youtube.” 12 April 2018.
https://www.youtube.com/watch?v=_8UNhgvSY2A.
Trivena, Intan. Maria Daeng N.N Mewengkang Edmon R Kalesaran. “Penggunaan Smartphone Dalam Menunjang Aktivitas Perkuliahan Oleh Mahasiswa Fispol Unsrat Manado.” Jurnal ACTA DIURNA 8. 2017.
https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/actadiurna/article/view/15482/15023.
Ukisnawati, Alufi Eka. Demam Gadget (Smartphone) Dalam Visualisasi Jati Diri Mahasiswa,” Skripsi, S.Ant, Gadjah Mada University 7, no. 3 (2014): 1-15. http://proceeding.unisba.ac.id/index.php/sosial/article/view/1287/pdf.
Unaradjan, Dominikus Dolet. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Penerbit Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, 2019.
Visi dan Misi Kampus. 16 Juni 2019. https://www.sttjaffray.ac.id/profil/visi-dan-misi.
Warsita, Bambang. Teknologi Pembelajaran: Landasan Dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta, 2008. Diikuti oleh Andi Prastowo, Sumber Belajar & Pusat Pembelajaran. Depok: Prenadamedia Group, 2018.
Yaumi, Muhammad. Media dan Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group, 2018.
Yuniati, Yenni dan Teguh Ratmanto. “Smartphone Sebagai Media Pembelajaran.” Student Centered Learning 7 (2017): 751-764.
http://proceeding.unisba.ac.id/index.php/sosial/article/view/1287/pdf.
Published
2021-02-22
How to Cite
Octavianus, O., & Weismann, I. T. J. (2021). PENGARUH PENGGUNAAN HANDPHONE TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA SEKOLAH TINGGI FILSAFAT JAFFRAY MAKASSAR. Repository Skripsi Online, 3(1), 71-80. Retrieved from https://skripsi.sttjaffray.ac.id/index.php/skripsi/article/view/109