PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMA KRISTEN MANGKUTANA LUWU TIMUR
Abstract
Tujuan dari penulisan skripsi ini untuk mengetahui apa pengaruh kompetensi profesional guru terhadap prestasi belajar siswa di SMA Kristen Mangkutana Luwu Timur. Metode yang digunakan dalam penyusunan skripsi ini adalah metode kuantitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data sebagai berikut: Pertama, pengumpulan data melalui riset perpustakaan, yaitu membaca buku-buku atau tulisan-tulisan yang berhubungan dengan kompetensi profesional guru terhadap prestasi belajar siswa. Kedua, memperoleh data melalui penelitian lapangan, wawancara kepada kepala sekolah dan guru-guru SMA Kristen Mangkutana. Membagikan angket kepada siswa untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kompetensi profesionl guru terhadap prestasi belajar siswa. Kesimpulan hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, kompetensi yang telah ditetapkan merupakan sebuah keharusan yang harus dimiliki oleh seorang pendidik untuk menolong tercapainya tujuan belajar. Seorang guru harus memperlengkapi diri sebelum terjun ke lapangan agar proses belajar mengajar berjalan sesuai dengan tujuan pembelajaran. Namun dari hasil penelitian penulis dapat dilihat bahwa guru yang tidak memiliki pendidikan khusus juga dapat berpengaruh positif bagi siswanya karena adanya kemauan untuk belajar. Kedua, guru harus memiliki dan menguasai kompetensi pedagogik karena seorang pendidik dituntut untuk dapat mengelola pembelajaran dan dapat mengetahui apa yang menjadi kekurangan siswa dalam proses belajar. Ketiga, kompetensi kepribadian harus dimiliki oleh seorang pendidik karena peserta didik akan menjadikan pendidik teladan untuk dapat mengubah perilakunya. Keempat, kompetensi profesional merupakan pokok dari penulisan skripsi ini. Kompetensi profesional haruslah dimiliki oleh pendidik untuk menolongnya mencapai tujuan pembelajaran.
References
Alkitab. Jakarta: Lembaga Alkitab Indonesia, 2006.
Bunga, Sari Selviyanti. “Pengaruh Kompetensi Sosial Guru PAK Terhadap Perkembangan Karakter Siswa di SMK 1 Kabupaten Tana Toraja.” Tesis MA, STT Jaffray Makassar, 2014.
Dalyono, M. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 1997.
Edison, F. Thomas. 52 Metode Mengajar. Bandung: Kalam Hidup, 2017.
Gunarsa, Singgih dan Yulia Singgih Gunarsa. Psikologi Praktis Anak, Remaja, dan Keluarga. Jakarta: Libri. 2011.
Hasanah, Aan. Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Pustaka Setia, 2012.
Hasmawaty. “Kemampuan Menyimak Anak Melalui Kegiatan Bercerita (Studi Kasus Pada Taman Penitipan Anak Athirah Makassar).” Jurnal Ilmu Teologi dan Pendidikan Agama Kristen 1, no. 1 (Juni 2020): 55-68. https://ojs.sttjaffray.ac.id/jitpk/article/view/463/pdf_4.
Hatimah, Ihat. “Pengelolaan Pembelajaran Berbasis Potensi Lokal di PKBM.” Mimbar Pendidikan 25, no. 1 (2006): 39-45. Diakses 12 Mei 2019. Http://File.Upi.Edu/Direktori/JURNAL/JURNAL_MIMBAR_PENDIDIKAN/MIMBAR_NO_1_2004/Pengelolaan_Pembelajaran_Berbasis_Potensi_Lokal_Di_PKBM.Pdf.
Ismail, Muh. Ilyas. “Kinerja dan Kompetensi Guru Dalam Pembelajaran.” Jurnal Lentera Pendidikan 13, no. 1 (2010): 44-63. Diakses 2 Mei 2019. http://journal.uinalauddin.ac.id/index.php/lentera_pendidikan/article/viewFile/3809/3480.
Kartowagiran, Badrun. “Kinerja Guru Profesional.” Cakrawala Pendidikan 30, no. 3 (2011): 463-473. Diakses 8 Maret 2019. http://staffnew.uny.ac.id/upload/130693812/penelitian/kinerja-guru-profesional-guru-pasca-sertifikasi.pdf.
Kristianto, Lilik Paulus. Prinsip dan Praktik Pendidikan Agama Kristen. Yogyakarta: ANDI, 2006.
Kurniasih, Imas. Sukses Uji Kompetensi Guru. Surabaya: Kata Pena, 2015.
Midarso, Hadi Yusuf. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana, 2004.
Mulyasa, E. H. Uji Kompetensi dan Penilaian Kinerja Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013.
¬¬¬¬______. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013.
Musfah, Jejen. Peningkatan Kompetensi Guru. Jakarta: Kencana, 2011.
______. Redesain Pendidikan Guru. Jakarta: Kencana, 2015.
Nainggolan, John. Guru Agama Kristen Sebagai Panggilan dan Profesi. Bandung: Bina Media Informasi, 2010.
Saleh, Minhayati. “Pengaruh Motivasi, Faktor Keluarga, Lingkungan Kampus dan Aktif Berorganisasi Terhadap Prestasi Akademik.” Jurnal Phenomenon 4, no. 2 (2014): 109-141. Diakses 16 Juni 2019. http://www.journal.walisongo.ac.id/index.php/Phenomenon/article/view/122.
Sareong, Irene Priskila dan Tri Supartini. “Hubungan Komunikasi Interpersonal Guru dan Siswa Terhadap Keaktifan Belajar Siswa di SMA Kristen Pelita Kasih Makassar.” Jurnal Ilmu Teologi dan Pendidikan Agama Kristen 1, no. 1 (Juni 2020): 29-42. https://ojs.sttjaffray.ac.id/jitpk/article/view/466/pdf_2.
Serli dan Hengki Wijaya. “Metode Permainan Dalam Meningkatkan Pemahaman Firman Tuhan Pada Remaja GKII Okahapi Sumba Timur.” Jurnal Ilmu Teologi dan Pendidikan Agama Kristen 1, no. 1 (Juni 2020): 17-28. https://ojs.sttjaffray.ac.id/jitpk/article/view/459/pdf_1.
Sidjabat, S. B. Mengajar Secara Profesional. Bandung: Yayasan Kalam Hidup, 2011.
______. Strategi Pendidikan Kristen. Yogyakarta: Yayasan Andi, 1999.
Sugiyono. Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta, 2018.
Sumantri, Syarif Mohamad. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2016.
Supardi. Kinerja Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2014.
Suprihatiningrum, Jamil. Guru Profesional. Yogjakarta: Ar-ruzz Media, 2014.
Surjana, Andyarto. “Efektivitas Pengelolaan Kelas.” Jurnal Pendidikan Penabur 3, no. 02 (2004): 68-81. Diakses 2 Mei 2019. http://www.geocities.ws/dien_sib24gd/fei/068-081.pdf
Surya, Mohamad. Psikologi Guru Konsep dan Aplikasinya. Bandung: Alfabeta, 2013.
Suyomukni, Nurani. Teori-teori Pendidikan. Yogyakarta: Ar-ruzz Media, 2015.
Syah, Muhibbin. Psikologi Belajar. Depok: Raja Grafindo, 2017.
Tago’a, Jusman. “Tinjauan Teologis Terhadap Budaya Pemanggilan Arwah Orang Mati Pada Suku Pamona.” Skripsi S.Th, STT Jaffray Makassar, 2010.
Wahidmurni, Mustikawan Alfin & Ridho Ali. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Nuha Litera, 2010.
Wijaya, Hengky (ed). Metodologi Penelitian Pendidikan Teologi. Makassar: STT Jaffray Makassar, 2017.