PENGAJARAN PENEBUSAN DOSA TERHADAP KEYAKINAN KESELAMATAN DI KALANGAN PEMUDA GKST JEMAAT IMANUEL LAMBARESE

  • Greis Greis Sekolah Tinggi Filsafat Theologia Jaffray Makassar
  • Buce Zeth Tuhumury Sekolah Tinggi Filsafat Theologia Jaffray
Keywords: Penebusan DOsa, Keselamatan, Pertobatan, Kristus, Pemuda, GKST

Abstract

Abstrak

 

Yesus Kristus lahir, mati di kayu salib, serta bangkit dari kematian untuk mengalahkan maut sebagai bukti bahwa Allah telah menebus manusia dari lumpur dosa. Dengan karya penebusan dosa Allah memberikan pengampunan, pembenaran, pengudusan melalui Yesus Kristus di kayu salib sehingga manusia beroleh jalan keselamatan bagi yang percaya kepada-Nya. Bertitik tolak dari pengajaran penebusan dosa ini. Yang menarik bagi penulis untuk melakukan penelitian ini, karena melihat keadaan pemuda di GKST Jemaat Imanuel yang telah mengikuti katekisasi (pembinaan iman) di dalamnya ada pengajaran penebusan dosa. Namun, banyak kawula muda yang telah menjadi anggota gereja yang memiliki masalah dengan keyakinan hingga pada akhirnya meninggalkan Kristus. Penulis menggunakan metode kualitatif atau Library Research di mana Alkitab sebagai sumber primer dan menggunakan buku-buku tambahan, melakukan wawancara. Serta, observasi langsung di kalangan pemuda di GKST Jemaat Imanuel Lambarese untuk mengetahui bagaimana pengajaran penebusan dosa terhadap keyakinan keselamatan. Maka hasil penelitian menunjukkan pemuda kurang mengerti dengan pengajaran karena di dalam materi masih banyak yang kurang seperti perbuatan penebusan di dalam Perjanjian Lama kurang disinggung. Pemuda menjawab pertanyaan, pengajaran penebusan dosa ada di dalam khotbah, kurang yang menjawab pengajaran ada di dalam pembinaan iman. Pemuda memiliki keyakinan keselamatan. Namun tidak dapat memberikan bukti-bukti dalam memperoleh keselamatan dan unsur-unsur karya keselamatan yang menjadi menjadi dasar yang teguh seorang pribadi memiliki keyakinan keselamatan.

 

Kata-kata Kunci: Penebusan dosa, Keselamatan, Pertobatan, Kristus, Pemuda, GKST.

References

Alkitab. Jakarta: Lembaga Alkitab Indonesia, 2015.
Berkhof, Louis. Teologi Sistematika: Doktrin Manusia. Jakarta: Lembaga Reformed Injil, 1994.
___________. Teologi Sistematika: Doktrin Keselamatan. Jakarta: Lembaga Reformed Injili Indonesia, 1997.
Bridges, Jerry. Respectable Sins: Dosa-dosa yang Dianggap Pantas; Membereskan Dosa-dosa yang Kita Toleransi. Bandung: Pionir Jaya, 2014.
Brill, J. Wesley. Dasar yang Teguh. Bandung: Kalam Hidup, 2011.
Browning, W. R. F. Kamus Alkitab, A Dictionary of the Bible: Panduan Dasar ke dalam Kitab-kitab, Tema, Tempat, Tokoh, dan Istilah Alkitab. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2016.
Darmaputera, Eka. Imamat Yang Rajani: Pemahaman Surat Ibrani Tentang Iman Dan Keimaman Yesus. Jakarta: Bpk. Gunung Mulia, 2012.
Daun, Paulus. Keselamatan (Soteriologi) Dalam Kitab Roma. Manado: Yayasan Daun Family, 1998.
Erickson, Millard J. Teologi Kristen. Malang: Gandum Mas, 2004.
Ferguson, Sinclair B. Kehidupan Kristen: Sebuah Pengantar Doktrinal. Surabaya: Momentum, 2007.
Fransisca, Delvy dan Yunus D. A. Laukapitang. “Kepemimpinan Yosia Berdasarkan Kitab 2 Tawarikh 34:1-7 dan Implikasinya bagi Pelayanan Pemuda di Gereja.” Jurnal Ilmu Teologi dan Pendidikan Agama Kristen 1, no. 2 (Desember 2020): 103-122. http://dx.doi.org/10.25278/jitpk.v1i2.508.
Graham, Billy. Damai dengan Allah. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 1974.
Hadiwijono, Harun. Inilah Sahadatku. Jakarta: BPK GunungMulia,2017.
Henry, Matthew. Tafsiran Matthew Henry: Surat Ibrani, Yakobus, 1 & 2 Petr. 1- 3 Yoh. Yudas, Kitab Wahyu. Surabaya: Momentum, 2016.
Douglas, J. D. Ensiklopedia Alkitab Masa Kini Jilid I. Jakarta: Yayasan Komunikasi Bina Kasih/OMF, 1995.
Hoekema, Anthony A. Manusia: Ciptaan Menurut Gambar Allah: Created in God’s Image. Surabaya: Momentum, 2008.
Hunter, A. M. Yesus Tuhan dan Juruselamat. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 1990.
Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 2001.
Kee, Howard Clark, (ed). dkk. Alkitab Edisi Studi. Jakarta: Lembaga Alkitab Indonesia, 2012.
M, John, John Blase. Pandangan Dunia: Bagaimana Orang-orang memandang Tuhan. Yogyakarta: Yayasan Gloria, 2011.
Murray, John. Penggenapan dan Penerapan Penebusan.Surabaya: Momentum, 2010.
Owen, John. Kematian yang Menghidupkan:The Death oh Death in the Death of Christ. Surabaya: Momentum, 2011.
Palmer, Edwin H.Lima Pokok Calvinisme. Jakarta: Lembaga Reformed Injil Indonesia. 1996.
Park, Abraham. Imam Besar Kekal yang Dijanjikan dengan Sumpah: Silsilah Imam Besar Dilihat dari Sudut Pandang Sejarah Penbusan. Depok: Yayasan Damai Sejahtera Utama, 2017.
Park, Abraham. Pelita Perjanjian yang tak Terpadamkan: Silsilah Yesus Kristus (I), Abraham-Daud.Jakarta: Grasindo, 2012.
Park, Abraham. Pemeliharaan yang Misterius dan Ajaib: Silsilah Yesus Kristus (II), Sejarah Raja-raja. Jakarta: Grasindo, 2013.
Park, Abraham. Pertemuan yang Terlupakan: Dilihat dari Sudut Pandang Penyelenggaraan Sejarah Penebusan.Jakarta: Grasindo, 2011.
Park, Abraham. Silsilah di Kitab Kejadian: Dilihat dari Sudut Pandang Penyelenggaraan Sejarah Penebusan. Jakarta: Grasindi, 2010.
Pink, Arthur W. The Sovereignty of God: Kedaulatan Allah. Surabaya: Momentum, 2005.
Rajo, Gabriel Yobert. “Dosa Yerusalem dalam Yehezkiel 22:1-31: Kajian Biblika dan Implikasi Praktis.” Jurnal Ilmu Teologi dan Pendidikan Agama Kristen 1, no. 2 (Desember 2020): 144-162. https://ojs.sttjaffray.ac.id/jitpk/article/view/518.
Roberts, Vaughan. Gambar Besar dari Allah: Menelusuri Alur Cerita Alkitab. Jakarta: Literatur Perkantas, 2014.
Ryken, Leland. James C. Wilhoit. Tremper Longman III. Kamus Gambaran Alkitab. Surabaya: Momentum, 2011.
Ryrie, Charles C.Teologi Dasar: Pandangan Populer untuk memahami kebenaran Alkitab. Yogyakarta: Yayasan ANDI, 1992.
Sadono, Sentot. Doktrin Baptis: Diantara Pandangan Teologi Kristen. Semarang: Program Pascasarjana Sekolah Tinggi Theologia Baptis Indonesia, 2011.
Siburian, Togardo. Sola Scriptura: dan Pergumulannya Masa Kini. Bandung: STT Bandung, 2005
Sihombing, Lotnatigor. Teologi Sistematika. Jakarta: STT Amanat Agung, 2016.
Simpson, A. B.Empat Injil Berganda Cetakan. Bandung: BPK Gunung Mulia, 2016.
Soedarmo. Ikhtisar Dogmatika. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 1985.
Sproul, R.C.Kebenaran-kebenaran Dasar Iman Kristen.Malang: Seminar Alkitab Asia Tenggara, 2002.
________. Kaum Pilihan Allah.Malang: Seminar Alkitab Asia Tenggara, 1996.
Stamps, Donald C. (ed.). Alkitab Penuntun Hidup Berkelimpahan. Malang: Gandum Mas, 2010.
Sudhiarsa, Raymundus I Made. “Doing Theology And Our Theological Education: An Indonesian Perspective.” International Journal of Indonesian Philosophy & Theology 1, no. 2 (Desember 2020): 105-115. https://aafki-afti.org/IJIPTh/article/view/10.
Tarpin. “Pandangan Kristen Tentang Dosa: Asal Muasal dan Cara Menebusnya,” Jurnal Ushuluddin 16 No. 2, (Juli 2010): 1-13. Diakses 22 Februari 2019 http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/ushuludin/article/view/677.
Thiessen, Henry C. Teologi Sistemaika. Malang: Gandum Mas, 1992.
Vangemeren, Willem A. Progres Penebusan: Kisah Keselamatan dari Penciptaan sampai Yerusalem Baru. Surabaya: Momentum, 2016.
Wijaya, Hengki. “Pengenaan Manusia Baru Di Dalam Kristus: Natur, Proses, Dan Fakta Serta Implikasi Teologia dan Praktisnya,” Jurnal Jaffray 14, No. 1, (April 2016): 109-130. Diakses 22 Februari 2019 https://ojs.sttjaffray.ac.id/ index.php/JJV71/article/view/194.
Published
2021-02-21
How to Cite
Greis, G., & Buce Zeth Tuhumury. (2021). PENGAJARAN PENEBUSAN DOSA TERHADAP KEYAKINAN KESELAMATAN DI KALANGAN PEMUDA GKST JEMAAT IMANUEL LAMBARESE. Repository Skripsi Online, 3(1), 24-31. Retrieved from https://skripsi.sttjaffray.ac.id/index.php/skripsi/article/view/96