Penerapan Strategi Penginjilan Melalui Gambar Terhadap Anak Usia Dini Di Desa Mulyorejo, Kecamatan Sukamaju, Luwu Utara

  • Mhelsy Hensry Kolang Sekolah Tinggi Filsafat Theologia Jaffray Makassar
  • Sarce Rien Hana Sekolah Tinggi Filsafat Theologia Jaffray
Keywords: Gambar, Penginjilan, Strategi, Anak

Abstract

Pendidikan usia dini merupakan wahana pendidikan yang sangat fundamental dalam memberikan kerangka dasar terbentuk dan berkembangnya dasar-dasar pengetahuan, sikap, dan keterampilan pada anak. Keberhasilan proses pendidikan pada masa dini tersebut menjadi dasar untuk proses pendidikan selanjutnya.  Pendidikan anak usia dini adalah suatu upaya pembinaan yang ditunjukan kepada anak sejak lahir hingga usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki sekolah dasar dan kehidupan tahap berikutnya. Anak usia dini adalah masa keemasan (golden age) bagi perkembangan kecerdasan setiap insan manusia. Di masa usia dini, beragam hal menggugah rasa ingin tahu, menantang keinginan bereksplorasi. Penginjilan adalah memberitakan kabar baik kepada orang-orang berdosa yang telah hilang tentang Yesus Kristus yang telah mati menebus dosa manusia. Bahwa Dia telah bangkit kembali, dan dapat menyelamatkan semua orang yang mau meninggalkan dosa-dosa mereka dan percaya kepada-Nya sebagai Tuhan dan Juruselamat. Oleh sebab itu, penginjilan sangat penting untuk anak karena itu melalui gambar anak semakin mengenal akan Tuhan dengan semakin mengasihi Tuhan. 

References

Bangun, Yunis Sabaruddin. “Peran Pendidikan Jasmani dan olaraga Pada Lembaga Pendidikan Indonesia” Jurnal Publikasi Pendidikan 4, no. 3 (2016): 10-15. Diakses 4 Juli 2019. http://ojs.unm.ac.id/index.php/pubpend.
Belton, Robert. Penginjilan Pribadi. Moody Press: Chicago, 1956.
Camerling, Yosua F., and Hengki Wijaya. “Misi Dan Kebangkitan Rohani: Implikasi Misi Allah Bagi Gereja.” Jurnal Ilmiah Religiosity Entity Humanity (JIREH) 1, no. 1 (2019): 57–71.
Coleman, Robert E. Rencana Agung Penginjilan. Bandung: Yayasan Kalam Hidup, 2004.
Doherty, Sam. Mengapa Menginjili Anak-anak. Jakarta: Lembaga Penginjilan Anak-anak Indonesia, 2000.

Ellis, D. W. Metode Penginjilan. Jakarta: Yayasan Komunikasi Bina Kasih/OMF, 1993.
Faisal. Penginjilan yang Dinamis. Bandung: Kalam Hidup 2014.
Febriyona, Cristie, Tri Supartini, and Like Pangemanan. “Metode Pembelajaran dengan Media Lagu untuk Meningkatkan Minat Belajar Firman Tuhan.” Jurnal Jaffray 17, no. 1 (April 10, 2019): 123–40. doi:10.25278/jj71.v17i1.326.
Femi, Olivia. Merangsang Otak Anak dengan Coret-coret. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2011.
Fiah, Rifda. Mengembangkan Potensi Kecerdasan Spiritual Anak Usia Dini dan Implikasi. Bandung: Kalam Hidup, 2017.
Halim, Makmur. Model-Model Penginjilan Yesus: Suatu Penerapan Masa Kini. Malang: Gandum Mas, 2003.
Hasmawaty, Hasmawaty. “Kemampuan Menyimak Anak Melalui Kegiatan Bercerita (Studi Kasus Pada Taman Penitipan Anak Athirah Makassar).” Jurnal Ilmu Teologi dan Pendidikan Agama Kristen 1, no. 1 (June 13, 2020): 55–68. doi:10.25278/jitpk.v1i1.463.
Helaluddin, Helaluddin, and Hengki Wijaya. Analisis Data Kualitatif: Sebuah Tinjauan Teori & Praktik. Makassar: Sekolah Tinggi Theologia Jaffray Makassar, 2019.
Hermanto, Bambang Wiku. "Evangelikal: Teologi Injili dan Pembinaan Warga Jemaat.” Jurnal Evangelikan 5, no. 7 (2013): 1-25. Diakses 4 Mei 2019. http://journal.sttsimpson.ac.id/index.php/EJTI
Heyden. “The Impact of Moral Discussion on Childrn’s Level of Moral Reasoning.” Journal of Moral Education 10, no. 4 (2012): 131-141. Diakses 4 Mei 2019. http://ojs.unm.ac.id/index.php/pubpend.
Husein, Umar. Strategic Management In Action. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2010.
Judith, Shelly Alen. Kebutuhan Rohani Anak Pedoman Untu Para Orang Tua, Guru dan Perawat. Bandung: Yayasan Kalam Hidup, 2004.
Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Kedua. Jakarta: Balai Pustaka, 1976.
Kurniawan, Hery. Mendongeg Kreatif Bagi Anak Usia Dini. Jakarta: Bhuana Ilmu Populer, 2019.
Kobong, Th. Iman Dan Kebudayaan. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 1997.
Lie, Paulus. Mereformasi Sekolah Minggu. Yogyakarta: Andi, 2003.
Lumban, Gao Nixon. “Peranan Misi Pertumbuhan dan Penginjilan Dalam Pertambahan Jemaat.” Jurnal Misi 2 no. 2 (2012):30-50. Diakses 23 Mei 2019. http:/sttpaulusmedan.ac.id/ejurnal/download.php?id=Mjg=.
Madyawati, Lilis. Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak. Jakarta: Kencana 2017.
Murray, Downey. Cara-Cara Memenangkan Jiwa. Bandung: Yayasan Kalam Hidup 1957.
Nainggolan, Bartholomeus Diaz. “Konsep Amanat Agung Berdasarkan Matius 28:18-20 dalam Misi.” Jurnal Koinonia 8, no. 2 (2014): 65-70. Diakses 21 Juni 2019. http://jurnal.unai.edu/index.php/koinonia/article/download/177/113.
Nuryanto, Sidik. “Stimulasi Kecerdasan Spiritual Pada Anak Usia Dini.” Jurnal Ilmiah Pendidikan PraSekolah dan Sekolah Awal 2, no. 2 (2017): 11-30. Diakses 17 Juli 2019. http://journal.umpo.ac.id/index.php/indria/index.
Packer, J. L. Evangelism Anda The Sovereignty Of God. Surabaya: Momentum, 2003.
Panggarra, Robi. “Kerajaan Allah Menurut Injil-Injil Sinoptik.” Jurnal Jaffray 11, no. 1 (April 2, 2013): 109–28. doi:10.25278/jj71.v11i1.74.
Rachmawati, Yeni. Strategi Pengembangan Kreativitas pada Anak Usia Taman Kanakkanak. Jakarta: Kencana, 2011.
Rahman, Ulfiani. “Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini” Jurnal Lentera Pendidikan, 12. no 1 (2009): 46-57. Diakses 22 April 2019. http://journal.uinalaudin.ac.id/index/php/lentera_pendidikan/view/3791
Riggs, Ralph M. Gembala Sidang yang Berhasil. Malang: Yayasan Penerbit Gandum Mas, 1993.
Robins, Deri. Menggambar Kartu. Solo: Tiga Serangkai Pustaka Mandiri, 2007.
Ronda, Daniel. “Pemimpin dan Media: Misi Pemimpin Membawa Injil Melalui Dunia Digital.” Jurnal Jaffray 14, no. 2 (September 28, 2016): 189–98. doi:10.25278/jj71.v14i2.210.
Runjani, Juwita. “Pendidikan Akhlak Anak Usia Dini Di Era Milllennial.” Jurnal Ilmu Tarbiyah 7 no. 2 (2018): 20-50. Diakses 4 Juni 2019. http://ojs.unm.ac.id/index.php/pubpend.
Salim, Peter dan Salim Yenny. Kamus Bahasa Indonesia Kontemporer. Jakarta: Modern English Press. 2002.
Salnita, Eka Yulia. “Pendidikan Anak Usia Dini” Jurnal Obsesi 3, no. 1. (2019): 20-30, Diakses 4 Mei 2019. https://kbbi.web.id/strategi.

Selfina, Elisabet. “Strategi Pertumbuhan Gereja Melalui Pendidikan Anak Usia Dini.” Jurnal Jaffray 11, no. 1 (April 2, 2013): 87–108. doi:10.25278/jj71.v11i1.65.
Shelly, Judith Allen. Kebutuhan Rohani Anak. Bandung: Yayasan Kalam Hidup, 2003.
Sindhuata. Membuka Masa Depan Anak-Anak Kita. Yogyakarta: Kanisius, 2000.
Sjarkawi. Pembentukan Kepribadian Anak, Peran Moral, Intelektual, Emosional, dan Sosial Sebagai Wujud Integritas Pembangunan Jati Diri. Jakarta: Bumi Aksara, 2006.
Supartini, Tri. “Sudah Ramah Anakkah Gereja? Implementasi Konvensi Hak Anak Untuk Mewujudkan Gereja Ramah Anak.” Jurnal Jaffray 15, no. 1 (February 16, 2017): 1–30. doi:10.25278/jj71.v15i1.233.
Swindol, Charles R. Anda Dan Anak. Surabaya: Yakin, 2001.
Tati, Prihatin. Penerapan Moral Bagi Anak Usia Dini. Bandung: Bina Media Informasi, 2010.
Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. Kamus Besar Bahasa Indonesia Jakarta: Balai Pustaka, 1988.
Tomatala, Yakob. Penginjilan Masa Kini. Malang: Gandum Mas: 1995.
Tulak, Harmelia, Hengki Wijaya, Susanna N. Rante, Nurmadiah Nurmadiah, and Helaluddin Helaluddin. “The Intercultural Competence in Education Era 4.0: A Learning Strategy for Students of Elementary School in Indonesia.” In Proceedings of the Proceedings of the 1st International Conference of Science and Technology in Elementary Education, ICSTEE 2019, 14 September, Makassar, South Sulawesi, Indonesia. Makassar, Indonesia: EAI, 2019. doi:10.4108/eai.14-9-2019.2289961.
Vanema, H. Injil Untuk Semua Orang. Jakarta: Yayasan Komunikasi Bina Kasih, 1997.
Vine, W. E. An Expository New Testament Words. Grand Rapids: Flaming H. Revell, 2011.
Wagner, C. Peter. Strategi Perkembangan Gereja. Malang: Gandum Mas, 2015.
Warren, Rick. Pertumbuhan Gereja Masa Kini: Gereja yang di Gerakan Tujuan.
Malang: Gandum Mas, 2000.
Wijaya, Hengki. Analisis Data Kualitatif Ilmu Pendidikan Teologi. Makassar: Sekolah Tinggi Theologia Jaffray Makassar, 2018.
———. “Mengapa Allah Memakai Dwight Lyman Moody? Kisah Hidup Seorang Pelayan Sekolah Minggu.” Jurnal Jaffray 10, no. 2 (October 1, 2012): 180. doi:10.25278/jj71.v10i2.52.
———. Metodologi Penelitian Pendidikan Teologi. Makassar: Sekolah Tinggi Theologia Jaffray Makassar, 2016.
Wijaya, Hengki, and Arismunandar Arismunandar. “Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbasis Media Sosial.” Jurnal Jaffray 16, no. 2 (October 6, 2018): 175–96. doi:10.25278/jj71.v16i2.302.
Published
2020-07-06