Pengaruh Bimbingan Konseling Guru Terhadap Prestasi Belajar Anak Korban Perceraian di SMP Kristen Aletheia Surabaya

  • Elvina Elvina Sekolah Tinggi Filsafat Theologia Jaffray
  • Ivan Th. J. Weismann Sekolah Tinggi Filsafat Theologia Jaffray
Keywords: Konseling, Prestasi

Abstract

Tujuan penulisan karya ilmiah ini adalah pertama, untuk melihat sejauh mana pengaruh
bimbingan konseling guru terhadap prestasi belajar anak korban perceraian di SMP Kristen
Aletheia Surabaya. Kedua, metode penelitian yang penulis gunakan dalam penulisan karya
ilmiah ini dengan metode pengumpulan data melalui studi kepustakaan yaitu melalui bukubuku,
jurnal, internet dan mengirim angket untuk anak-anak SMP Kristen Aletheia
Surabaya yang berlatar belakang orang tuanya bercerai, serta mewawancarai guru
bimbingan konseling (BK) yang ada di sekolah tersebut. Ketiga, memberikan semangat
kepada para pendidik dalam mendidik dan membimbing anak-anak yang berlatar belakang
orang tuanya bercerai agar dapat menolong anak-anak ini dengan menggunakan teori yang
sudah penulis jelaskan di atas.
Hasil dari penelitian ini telah jelas bahwa pengaruh bimbingan konseling guru terhadap
prestasi belajar kognitif anak korban perceraian di SMP Kristen Aletheia Surabaya
memiliki pengaruh yang sangat besar karena dengan menggunakan teori ini dapat
meningkatkan prsetasi belajar anak. Oleh karena itu sungguh penulis menyarankan untuk
tetap menggunakan teori ini agar anak-anak yang diajarkan dapat memiliki prestasi yang
lebih baik lagi ke depannya.

References

Abayah. “Model Pembelajaran Humanistik.” Jurnal Ilmu Dinamika 13, no. 2 (2013): 204-
219 diakses 20 Maret 2019.
Adijanti Marheni dan Gusti Ayu Mirah Suwinita.“Perbedaan Kemandirian Remaja SMA
Antara yang Single Father dengan Single Mother Akibat Perceraian.” Jurnal
Psikologi Udayana 2, no. 1 (2015): 59-67. Diaskes 20 Maret 2019.
https://ojs.unud.ac.id/index.php/psikologi/article/view/25141/0.
Ayriza Yulia dan Eka Izzaty Rita. “Prediktor Prestasi Belajar Siswa Kelas 1 Sekolah
Dasar.” Jurnal Psikologi 44, no 2 (2017): 153-164. Diakses 23 Maret 2019.
https://media.neliti.com/media/publications/179082-ID-prediktor-prestasi-belajarsiswa-
kelas-1.pdf.
Aziz, Muklhis. “Perilaku Sosial Anak Remaja Korban Broken Home dalam Berbagai
Perspektif suatu Penelitian di SMPN 18 Kota Banda Aceh.” Jurnal Al-Ijtimaiyyah
1, no. 1, (2015):30-50. Diakses 22 Maret 2019, https://jurnal.arraniry.
ac.id/index.php/PMI/article/view/252.
Azizah, Rina Nur. “Dampak Perceraian Orang Tua Terhadap Perkembangan Psikologis
Anak.” Jurnal Al-Ibrah 2 no.2 (2017): 154-172. Diakses 23 Maret 2019,
https://ejournal.stital.ac.id/index.php/alibrah/article/view/34.
Ali, Mohammad. Penelitian Kependidikan Prosedur dan Strategi. Bandung: Angkasa,
1985.
Bungin, Burhan. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana Prenadamedia
Group, 2005.
Bertens, K. Psikoanalisis Sigmund Freud. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2005.
Damairia, Dian. “Proses Regulasi Emosi pada Remaja Dengan Orang Tua Bercerai.”
Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan dan Konseling 4, no. 6 (2018): 326-335.
diakses 20 Maret 2019.
http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/fipbk/article/viewFile/11856/11417.
Emda, Amna. “Kedudukan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran.” Jurnal
Lantanida 5, no. 2 (2017): 93-196. Diakses 19 Maret 2019.
https://docplayer.info/73661163-Kedudukan-motivasi-belajar-siswa-dalampembelajaran-
amna-emda-fakultas-tarbiyah-dan-keguruan-uin-ar-raniry-bandaaceh.
html.
Gregory J. Feist dan Jess Feist. Teori Kepribadian. Jakarta: Salemba Humanika, 2013.
Gunarsa, Singgih D. Konseling dan Psikoterapi. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2011.
Guntur, Muhammad, Hengki Wijaya, Zulfah Zulfah, St. Ulfah, and Bahartiar Bahartiar.
“The Effect of Verbal Skills and Self-Placement on Students Acceptance of
Community Service Program in East Towuti.” In Proceedings of the Proceedings
of the Third Workshop on Multidisciplinary and Its Applications, WMA-3 2019, 11-
14 December 2019, Medan, Indonesia. Medan, Indonesia: EAI, 2020. Accessed
March 15, 2020. http://eudl.eu/doi/10.4108/eai.11-12-2019.2290880.
Habsy, Bakhrudin All. “Filosofi Ilmu Bimbingan dan Konseling Indonesia.” Jurnal
Pendidikan Teori dan Praktek (2017): 1-2. Diakses 20 Maret 2019.
https://journal.unesa.ac.id/index.php/jp/article/view/584.
Helaluddin, Helaluddin, and Hengki Wijaya. “Pengembangan Kompetensi Pendidik Di
Perguruan Tinggi Dalam Menyonsong Era Revolusi Industri 4.0.” In Prosiding
Seminar Nasional Pangan, Teknologi, Dan Entrepreneurship “Eksplorasi
Sumberdaya Alam Hayati Indonesia Berbasis Entrepreneurship Di Era Revolusi
Industri 4.0,” 2019. Accessed October 25, 2019.
https://www.neliti.com/id/publications/273069/pengembangan-kompetensipendidik-
di-perguruan-tinggi-dalam-menyonsong-era-revolu.
Julianto Simanjuntak dan Roswitha Ndraha Tidak ada Anak yang Sulit, Yogyakarta:
ANDI, 2009.
Kasenda dan Lorenzo M. dan “Sistem Monitoring Kognitif, Afektif dan Psikomotorik
Siswa Berbasis Android.” Jurnal Teknik Informatika 9, no. 1 (2016):1-9 Diakses 20
Maret 2019. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/informatika/article/view/14808.
Lestari, Dewi Winda. “Penerimaan Diri dan Strategi coping pada Remaja korban
Perceraian orang Tua.” Journal Psikologi 2, no 1 (2014): 1-13. Diakses 20 Maret
2019. http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/proyeksi/article/view/3298.
Maiaweng, Peniel C. D. “Korelasi Harga Diri Dan Penerimaan Sosial Terhadap
Kepribadian Yang Sehat pada Mahasiswa STT Jaffray Makassar.” Jurnal Jaffray 9,
no. 1 (April 3, 2011): 1–24. https://doi.org/10.25278/jj71.v9i1.86.
Maiaweng, Peniel C. D. “Perceraian dan Pernikahan Kembali.” Jurnal Jaffray 15, no. 1
(March 21, 2017): 97–114. https://doi.org/10.25278/jj71.v15i1.237.
Maiaweng, Peniel C. D. “Ulasan Buku: Spiritual Formation: Menjadi Serupa dengan
Kristus.” Jurnal Jaffray 13, no. 1 (March 28, 2015): 141–43.
https://doi.org/10.25278/jj71.v13i1.119.
Mu’min, Sitti Aisyah. “Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget.” Jurnal Al-Ta’dib 6 no.
1, (2013): 1-2. Diakses 22 Maret 2019.
https://media.neliti.com/media/publications/235758-teori-perkembangan-kognitif.
Mulyaningsih Indrati Endang. “Pengaruh Interaksi Sosial Keluarga Motivasi Belajar dan
Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar.” Jurnal Pendidikan dan
Kebudayaan 20 no. 4 (2014): 441-451. Diakses 20 Maret 2019.
http://jurnaldikbud.kemdikbud.go.id/index.php/jpnk/article/view/156.
Mulyana Nandang dan Ayuwanty Fitriani. “Prestasi Belajar Anak Dengan Orang Tua
Tunggal.” Jurnal Prestasi Belajar 1, no. 2 (2018): 148-154. Diakses 22 Maret
2019. http://jurnal.unpad.ac.id/focus/article/download/18279/8565.
Nugroho, Anggit Fajar. “Teori-Teori Bimbingan Konseling dalam Pendidikan.” Jurnal
Tawadhu 2, no. 1 (2018): 1-19 Diakses 20 Maret 2019.
http://ejournal.iaiig.ac.id/index.php/TWD/article/viewFile/6/5.
Oktafoura, Serra. “Pengaruh Model Pembelajaran discovery Learning dan Problem Based
Learning terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik.” Jurnal Pendidikan Manajemen
perkantoran 1, no. 1 (2016): 80-89. Diakses 20 Maret 2019.
http://ejournal.upi.edu/index.php/jpmanper/article/view/3339.
Qodir. “Teori Belajar Humanistik dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa.” Jurnal
Pedagogik 4, no. 2 (2017): 188-202. Diakses 21 Maret 2019.
https://media.neliti.com/media/publications/235758-teori-perkembangan-kognitifjean-
piaget-48cba26e.pdf.
Pahliwandari,Rovi. “Penerapan Teori Pembelajaran Kognitif dalam Pembelajaran
Pendidikan Jasmani dan Kesehatan.” Jurnal Pendidikan Olaraga 5, no. 2 (2016):
154-164. Diakses 22 Maret 2019.
http://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/olahraga/article/view/383.
Pingkan. “Hubungan Peran Orang Tua Dengan Prestasi Belajar Anak Usia Sekolah di SDN
Inpres I Tumaratas Kecamatan Lang owan Barat.” Jurnal Keperawatan 3, no. 2
(2015): 1-6. Diakses 20 Maret 2019.
https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jkp/article/download/8027/7587.
Prasutomo, Engki, Hengki Wijaya, and Ivan Th.J Weismann. “The Role of Public Sphere
According to Jurgen Habermas’s Perspective for Multicultural Societies in the Indonesian Context.” Jurnal Fuaduna : Jurnal Kajian Keagamaan Dan
Kemasyarakatan 3, no. 2 (2019): 79–91.
Rosa, Friska Octavia. “Analisis Kemampuan Siswa Kelas X pada Ranah Kognitif Afektif
dan Psikomotorik.” OmegaJurnal Fisika dan Pendidikan Fisika 1, no. 2 (2015): 24-
28. Diakses 22 Maret 2019.
http://omega.uhamka.ac.id/index.php/omega/article/view/37.
Sanusi, Uci. “Pembelajaran dengan Pendekatan Humanistik.” Jurnal Pendidikan Agama
Islam Ta’lim 11, no. 2 (2013): 123-142. Diakses 20 Maret 2019, http://journal.uinalauddin.
ac.id/index.php/diskursus_islam/article/view/6543.
Sanjata,Sigit. “Teori dan Aplikasi Pendekatan Behavioristik dan Konseling.” Jurnal
Paradigma 14 (2012): 1-11. Diakses 20 Maret 2019.
http://staffnew.uny.ac.id/upload/132297302/penelitian.
Srinova, Srinova, and Ivan Th J. Weismann. “Dampak Keterbukaan Orang Tua Terhadap
Prestasi Anak Penderita Autis Di Sekolah Luar Biasa C Rajawali Dan Klinik Buah
Hatiku Makassar.” Jurnal Jaffray 10, no. 1 (April 2, 2012): 38–58.
https://doi.org/10.25278/jj71.v10i1.61.
Susanto, Ahmad. Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Prenadamedia Group, 2018.
Surya, Muhamad. Teori-Teori Konseling. Bandung: Bani Quraisy, 2003.
Singgih D. Gunarsa, Konseling dan Psikoterapi. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2011.
Srinahyanti. “Pengaruh Perceraian Pada Anak Usia Dini.“Jurnal Keluarga Sehat
Sejahtera16, no. 23 (2018): 53-61. Diakses 20 Maret 2019.
http://journal.unair.ac.id.
Sahaara Elvi, Hasanah Sabilla. “Broken Home pada Remaja dan Peran Konselor.” Jurnal
Remaja Korban Perceraian 2, no 2, ( 2016): 1-6. Diaskes 20 Maret 2019.
http://jurnal.iicet.org/index.php/jrti/article/view/212.
Santoso Budi dan Adib Fauzan. “Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Siswa dengan
disiplin Kerja Guru.” Jurnal Manajemen Perkantoran 1 no. 1, (2016): 189-203.
diakses 20 Maret 2019.
http://ejournal.upi.edu/index.php/jpmanper/article/download/3388/2380.
Tulak, Harmelia, Hengki Wijaya, Susanna N. Rante, Nurmadiah Nurmadiah, and
Helaluddin Helaluddin. “The Intercultural Competence in Education Era 4.0: A
Learning Strategy for Students of Elementary School in Indonesia.” In Proceedings
of the Proceedings of the 1st International Conference of Science and Technology
in Elementary Education, ICSTEE 2019, 14 September, Makassar, South Sulawesi,
Indonesia. Makassar, Indonesia: EAI, 2019. Accessed December 20, 2019.
http://eudl.eu/doi/10.4108/eai.14-9-2019.2289961.
Ulfah, St. Maria, and Hengki Wijaya. Cergam Karakter Semangat Kebangsaan Dan
Toleransi Untuk Anak Usia Dini. Makassar: Sekolah Tinggi Theologia Jaffray
Makassar, 2019.
Weismann, Ivan Th J. “Analisis Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dosen Terhadap Motivasi
Belajar Mahasiswa Sekolah Tinggi Theologia Jaffray Makassar.” Jurnal Jaffray 11,
no. 1 (April 2, 2013): 67–86. https://doi.org/10.25278/jj71.v11i1.75.
Widiastuti, Reski Yulina. “Dampak Perceraian Pada Perkembangan Sosial dan Emosional
Anak Usia 5-6 Tahun.” Jurnal PG-Paud Trunojoyo 2, no. 2, (2015): 76-86. Diakses
20 Maret 2019. http://journal.trunojoyo.ac.id/pgpaudtrunojoyo/article/view/1829.
Wijaya Hengki. Metodologi Penelitian Pendidikan Teologi. Makassar: Sekolah Tinggi
Theologia Jaffray, 2016.
Wijaya, Hengki, and Arismunandar Arismunandar. “Pengembangan Model Pembelajaran
Kooperatif Tipe STAD Berbasis Media Sosial.” Jurnal Jaffray 16, no. 2 (October
6, 2018): 175–196.
Wijaya, Hengki, Indra Toding, Harmelia Tulak, Umrati Umrati, and Sahrul Syawal.
“Multiple Intelligence Measurement through Performance Tests in Students of 1st
High School, Tana Toraja.” In Proceedings of the Proceedings of the Third
Workshop on Multidisciplinary and Its Applications, WMA-3 2019, 11-14
December 2019, Medan, Indonesia. Medan, Indonesia: EAI, 2020. Accessed March
15, 2020. http://eudl.eu/doi/10.4108/eai.11-12-2019.2290879.
Wiradintana, Rochanda. “Revolusi Kognitif Melalui Penerapan Pembelajaran Teori Bruner
dalam Menyempurnakan Pendekatan Perilaku (Behavioural Approach).” Jurnal
Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi 2, no. 1 (2018): 47-51. Diakses 22
Maret 2019. http://journal.unpas.ac.id/index.php/oikos/article/view/919.
Widiyanto, Mikha Agus. Statistika untuk Penelitian Bidang Teologi, Pendidikan Agama
Kristen, & Pelayanan Gereja: Lengkap dengan Konsep dan Aplikasi SPSS
Bandung: Kalam Hidup, 2014.
Published
2020-05-22
How to Cite
Elvina, E., & Ivan Th. J. Weismann. (2020). Pengaruh Bimbingan Konseling Guru Terhadap Prestasi Belajar Anak Korban Perceraian di SMP Kristen Aletheia Surabaya. Repository Skripsi Online, 2(1), 8-17. Retrieved from https://skripsi.sttjaffray.ac.id/index.php/skripsi/article/view/65