Pengaruh Pembelajaran Remedial Terhadap Perkembangan Kognitif Siswa Kelas IV-VI Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen Di Sekolah SD Inpres Tello Baru Makassar

  • Anto Muliati Sekolah Tinggi Theologia Jaffray Makassar
  • Hengki Wijaya Sekolah Tinggi Theologia Jaffray Makassar
Keywords: Pembelajaran Remedial, Perkembangan Kognitif, Pendidikan Agama Kristen

Abstract

Pembelajaran Remedial adalah pembelajaran  yang bersifat menyembuhkan, membetulkan sehingga menjadi baik atau sembuh dari masalah pembelajaran yang dirasa sulit. Melalui pembelajaran remedial siswa diharapkan mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sehingga siswa dapat menyelesaikan setiap indikator yang telah dipelajari. Sedangkan, perkembangan kognitif merupakan dasar bagi kemampuan anak untuk berpikir. Perkembangan kognitif mempunyai peranan penting bagi keberhasilan anak dalam belajar karena sebagian aktivitas dalam belajar selalu berhubungan dengan masalah berpikir dalam suatu proses. Perkembangan kognitif dapat kita lihat dari KKM yang telah dicapai oleh setiap siswa.

Adapun metode yang digunakan oleh penulis dalam karya ilmiah ini adalah metode kuantitatif menggunakan populasi dan sampel. Serta pengumpulan data mengumpulkan data-data melalui wawancara dan angket. Dalam hal ini yang menjadi populasi sebanyak 68 orang dan penulis menetapkan yang menjadi sampel sebanyak 50 orang.

Adapun kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran remedial terhadap perkembangan kognitif siswa kelas IV-VI pada mata pelajan Pendidikan Agama Kristen di SD Inpes Tello Baru Makassar belum mencapai perkembangan kognitif secara maksimal, karena siswa menganggap bahwa setiap soal remedial itu kadang susah untuk dikerjakan, tetapi mereka sudah bersyukur dengan apa yang mereka sudah capai.

References

Amrin. “Diaknosis Kesulitan Belajar dan Pengajaran Remedial dalam pendidikan IPA,” Jurnal Pendidikan Fisika 03, No.01 (Juli2013): 1- 150. Diakses 18 Maret 2018. http://journal.unismuh.ac.id/index.php/jpf/article/view/185/172.

Arifin, Zainal. Evaluasi Pembelajaran Prinsip Teknik, dan Prosedur. Bandung: Remaja Rosdakarya,2016.

Depniknas. Pembelajaran Remedial. Jakarta: Direktorat Pembina Sekolah Menengah Atas, 2008.
Dosen-dosen STT-HKBP dan FKIP Nommensen. Pendidikan Agama Kristen. Yogyakarta: Taman Pustaka Kristen, 1994.
Gunarsa, Singgih. D, Yulia Singgi D. Gunarsa. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 1991.
Gunarsa, Singgih D. Dasar Dan Teori Perkembangan Anak. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2006.
Gunarsa, YuliaSinggih D. Asas-asas Psikologi Keluarga Idaman. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2000.
Humes, L. Arah Pendidikan Kristen. Malang: PPII, 1982.
Homrighausen, E. G. dan I.H. Enklaar Pendidikan Agama Kristen. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2005.
Hasis, I. Surawan, Gea Candra. Remedial Teaching. Malang: Universitas Negeri Malang Press, 2001.
Kusrahmadi, Sigit Dwi. “Sumbangan Pendidikan Agama Kristen dalam Mewujudkan Watak Bangsa.”Jurnal Dinamika 02, No.01 (2013): 1-180. Diakses 21 April 2018.
http://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/dinamika/article/view/938/875.

Kusmitasari, Reni “Persepsi Mahasiswa Pada Sistym Layanan Sirkulasi UPT Perpustakaan Universitas Halu Oleo.” Jurnal Ilmu Komunikasi UHO 1, no. 3 (Maret 2016) Diakses 12 Juni 2018. http://ojs.uho.ac.id/index.php/KOMUNIKASI/article/dowload/1637/1192.
Makmun, AbinS. Psikologi Kependidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007.
Nuhamara, Daniel. Pembimbing PAK. Bandung: Jurnal Info Media, 2007.
Nasir, Mohammad. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia, 1998.
Nuhamara, Daniel. "Pengutamaan Dimensi Karakter Dalam Pendidikan Agama Kristen" Jurnal Jaffray [Online], Volume 16 Nomor 1 (19 Maret 2018)
Purwanto, N. Surawan, Gea Chandra. Prinsip-Prinsip Dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2008.
Ridho, Ali. Mengatasi Anak yang Lambat dalam Memahami Pelajaran. Bandung: Pustaka Pelajar, 1997.
Sudjana, Nana. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006.
Sumantri, Mohamad Syarif. Stategi Pembelajaran Teoridan Praktik di Tingkat Pendidikan Dasar. Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2016.
Sudijono, Anas. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2006.
Syah, Muhibbin. Psikologi Pedidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2000.
Syamsudin, A. Surawan, Gea Candra. Psikologi Kependidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya,2004.
Simamora, Dame Taruli, Gultom Rida. Pendidikan Agama Kristen Kepada Remaja dan Pemuda. Medan: MITRA, 2011.
Setiawani, Mary Go. Menerobos Dunia Anak. Bandung: Kalam Hidup, 2000.
Subagyo, Andreas B. Pengantar Riset Kualitatif. Bandung: Kalam Hidup, 2004.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Konotasi (mixed Methods) Bandung: Alfabeta, 2012.
Tung, Khoe Yao. Filsafat Pendidikan Kristen. Yogyakarta: ANDI, 2013.
Uno, Hamzah B. Orientasi Baru Dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara, 2006.
Widoyoko, Putro. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2001.
Wahidmurni, Ali ridho, Muhibbinsyah, Evaluasi Pembelajaran Kompetensi dan Praktik. Yogyakarta: Nuha Litera, 2010.
Yamin, Martinis. Desain Baru Pembelajaran Konstruktivistik. Jambi: Referensi, 2012.
Wadi, Elsyana, DAN Selfina, Elisabet. "Peran Orang Tua Sebagai Keluarga Cyber Smart Dalam Mengajarkan Pendidikan Kristen Pada Remaja GKII Ebenhaezer Sentani Jayapura Papua" Jurnal Jaffray [Online], Volume 14 Nomor 1 (14 Maret 2016).
Winkel, W.S. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Gramedia, 1987.
Wijaya, Hengki (ed.). Metodologi Penelitian Pendidikan Teologi. Makassar: Sekolah Tinggi Theologia Jaffray, 2016.
Published
2019-02-12
How to Cite
Anto Muliati, & Hengki Wijaya. (2019). Pengaruh Pembelajaran Remedial Terhadap Perkembangan Kognitif Siswa Kelas IV-VI Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen Di Sekolah SD Inpres Tello Baru Makassar. Repository Skripsi Online, 1(3), 150-157. Retrieved from https://skripsi.sttjaffray.ac.id/index.php/skripsi/article/view/41