Pengaruh Keteladanan Guru Pendidikan Agama Kristen Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Di SMP PGRI Marinding Kelas II

  • Agus Kala’ Padang Sekolah Tinggi Theologia Jaffray Makassar
  • Ivan Th. J. Weismann Sekolah Tinggi Theologia Jaffray Makassar
Keywords: Keteladanan, Guru, Pendidikan, Agama, Kristen, Karakter, Siswa

Abstract

Keteladanan merupakan dasar dari kegiatan pembelajaran dan ketika seorang guru tidak menggunakannya maka guru tersebut sudah mengurangi keefektifan pembelajaran. Jadi peran ini harus dipahami sehingga dapat memperkaya arti pembelajaran. Guru Pendidikan Agama Kristen harus memiliki sikap yang tulus dalam pengajarannya yakni menjadi teladan dalam hal pengetahuan, sikap hidup bagi para muridnya sehingga dapat mencerminkan hidup yang pantas dan layak sebagai teladan yang baik bagi muridnya khususnya dalam pembentukan karakter siswa. Karakter siswa bisa diubahkan apabila guru yang mengajar sudah menjadi model/teladan bagi muridnya. Adanya anak didik yang belum menampakan karakter yang baik akibat dari keteladanan seorang guru sehingga perlu dilakukan penelitian dengan tujuan mengetahui sejauhmana keteladanan guru Pendidikan Agama Kristen berpengaruh terhadap pembentukan karakter siswa di SMP PGRI Marinding. Penulis mengambil tempat penelitian di SMP PGRI Marinding dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan sampel penelitian 30 siswa. Dengan mengunakan angket, wawancara, dan observasi.

            Hasil penelitian menunjukkan bahwa di SMP PGRI Marinding belum sepenuhnya guru Pendidikan Agama Kristen menunjukan keteladanan kepada siswa sehingga siswa belum menampakan karakter yang baik khususnya karakter peduli dan kerja keras. Oleh karena itu, guru Pendidikan Agama Kristen harus membereskan masa lalunya sehingga dapat menjadi guru yang dapat di teladani dalam iman, kasih, teladan dalam membaca Alkitab, teladan dalam perkataan, dan dalam tingkah laku.

References

A., Doni Koesoema. Pendidikan Karakter. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia, 2007.
Abidin, Ahmad. Pendidikan Budi Pekerti. Bandung: Sinergi Pustaka Indonesia, 2007
Aeni, Ani Nur. Pendidikan Karakter Untuk Mahasisawa PGSD. Bandung: UPI Press, 2014.
Ali, Mohamad. Penelitian Kependidikan Prosedur dan Strategi. Bandung: Angkasa, 2013.
Astika, Made, DAN Bunga, Selvianty. "Hubungan Kompetensi Sosial Guru Kristen Terhadap Perkembangan Karakter Siswa: Tantangan Pendidikan Kristen Dalam Mencerdaskan Youth Generation" Jurnal Jaffray [Online], Volume 14 Nomor 1 (10 Maret 2016).
Bakthi, Dharma. Pencegahan Terhadap Bahaya Narkoba. Jakarta: Yayasan Purnabhakti Negara, 1999.
Beers, V. Gilbert. Orang Tua Berbicara Dengan Anak. Bandung: Yayasan Kalam Hidup, 2003.
Barnes, Robert G. Pedoman Bagi Para Orang Tua Tunggal. Bandung: Yayasan Kalam Hidup, 2000.
Black, James A. & Dean J. Champion. Metode Dan Masalah Penelitian Sosial. Bandung: Refika Aditama, 1999.
Brubaker, J. Omar dan Robert B. Clark. Memahami Sesama Kita. Malang: Gandum Mas, 1972.
Buyung, Resy Nirawati. “Pengaruh Karakter Kerja Keras Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa Melalui Model Discovery Learning.” Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia 3, No. 1 (Maret 2018):21-25. Diakses 9 Mei 2018. http://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JPMI/article/view/519/pdf.
Doherty, Sam. 100 Pertanyaan dan Jawaban Mengenai Penginjilan Kepada Anak. Jakarta: Lembaga Anak-Anak Indonesia, 2000.
Elia, Heman. Membentuk Sikap Hati Anak. Yogyakarta: Gloria Graffa, 2011.
Gondowijoyo, J. H. Sekolah Doa. Yogyakarta: ANDI, 2004.
Hadi, Sutrisno. Metodologi Research 2. Yogyakarta: Yayasan Penerbitan Fakultas Psikologi, 1986.
Jayanti, Agnesia, Elni Yakub, Romaswati. “Pengembangan Materi Pembentukan Nilai- Nilai Karakter Dalam Aspek Toleransi, Peduli Lingkungan, Dan Peduli Sosial Untuk Siswa SMK.” Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Keguruan dan Ilmu Pendidikan 3, No. 2 (2016):1-13. Diakses 8 Mei 2018. http://jom.unri.ac.id/index.php/Jomfkip/article/view/12067/11712.
Kurniawan, Syamsul. Pendidikan Karakter: Konsepsi & Implementasinya Secara Terpadu Di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi, dan Masyarakat. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2013.
Linda dan Richard Eyre. Mengajarkan Nilai-Nilai Kepada Anak. Jakarta: Gramedia, 1999.
Maulana, Gama Septian, Hermanto. “Peran Keteladanan Guru Dalam Upaya Membentuk Karakter Peserta Didik Di SMA Negeri 12 Surabaya.” Kajian Moral dan Kewarganegaraan 03, No. 2 (2014):1189-1204. Diakses 27 Februari 2018.
http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan kewarganegaraan/article/download/9373/4049.
Mulyasa. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013.
Mulyasa, E. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara, 2014.
Musfah, Jejen. Manajemen Pendidikan Teori, Kebijakan, dan Praktik. Jakarta: Prenadamedia Group, 2015.
Nainggolan, John M. Guru Agama Kristen Sebagai Panggilan dan Profesi Sebagai Upaya Peningkatan Mutu dan Kualitas Guru Agama Kristen. Bandung: Bina Media Informasi, 2010.
Nazir, Moh. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia, 1988.
Novi, Bunda. Tanya Jawab Seputar Parenting: Masalah-Masalah Umum Orang Tua Dalam Mendidik Anak. Yogyakarta: Flashbooks, 2015.
Nuhamara, Daniel. "Pengutamaan Dimensi Karakter Dalam Pendidikan Agama Kristen" Jurnal Jaffray [Online], Volume 16 Nomor 1 (19 Maret 2018)
Prihati, Tati. Menerapkan Moral Bagi Anak Usia Dini. Bandung: Bina Media Informasi, 2009.
Richards, Lawrence O. Pelayanan Kepada Anak-Anak. Bandung: Yayasan Kalam Hidup, 2007.
Rusyan, A. Tabrani. Siswa Teladan. Jakarta: Sinergi Pustaka Indonesia, 2006.
Sanjaya, H. Wina. Penelitian Pendidikan Jenis, Metode dan Prosedur. Jakarta: Prenadamedia Group, 2013.
Septiawani, Mary & Stephen Tong. Seni Membentuk Karakter Kristen. Surabaya: Momentum, 2014.
Setiawani, Mery Go. Menerobos Dunia Anak. Bandung: Yayasan Kalam Hidup 2004.
Simanjuntak, Julianto & Roswitha Ndraha. Tidak Ada Anak Yang Sulit. Yogyakarta: ANDI Offset, 2009.
Simorangkir, Nisma. “Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Pembentukan Karakter Anak Didik Melalui Proses Pembelajaran.” Jurnal Saintech 05, No. 1 (Maret 2013):39 – 44. Diakses 27 Februari 2018. http://docplayer.info/docview/52/29717440/.
Subagyo, Andreas B. Pengantar Riset Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Yayasan Kalam Hidup, 2004.
Sumarna, Saleem Hardja. 108 Kepribadian Yang Paling Dicari Dan Disukai Oleh Siapapun, Kapanpun, Dan Dalam Kondisi Apapun. Yogyakarta: Galmas Publisher, 2015.
Tong, Stephen. Arsitek Jiwa. Jakarta: Lembaga Reformed Injili Indonesia, 1991.
Tu’u, Tulus. Pemimpin Kristen Yang Berhasil. Bandung: Bina Media Informasi, 2010.
Usman, Husaini & Purnomo Setiady Akbar. Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: Bumi Aksara, 1996.
Yaumi, Muhammad. Pendidikan Karakter Landasan, Pilar & Implementasi. Jakarta: Prenadamedia Group, 2014.
Yeakley, Tom. Watak Kerja Kristus. Bandung: Kalam Hidup, 2008.
Wijaya, Hengki (ed.). Metodologi Penelitian Pendidikan Teologi. Makassar: Sekolah Tinggi Theologia Jaffray, 2016.
Zubaedi. Desain Pendidikan Karakter. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2011.
Published
2019-02-12
How to Cite
Agus Kala’ Padang, & Ivan Th. J. Weismann. (2019). Pengaruh Keteladanan Guru Pendidikan Agama Kristen Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Di SMP PGRI Marinding Kelas II. Repository Skripsi Online, 1(3), 143-149. Retrieved from https://skripsi.sttjaffray.ac.id/index.php/skripsi/article/view/40