Pengaruh Peraturan Sekolah Terhadap Pembentukan Karakter Mahasiswa Sekolah Tinggi Theologia Jaffray Makassar

  • Reniati Sekolah Tinggi Theologia Jaffray Makassar
  • Kara Elizabeth Gruber Sekolah Tinggi Theologia Jaffray Makassar
Keywords: Peraturan Sekolah, Pembentukan, Karakter, Mahasiswa, Teratur

Abstract

Tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pengaruh peraturan sekolah terhadap pembentukan karakter mahasiswa Sekolah Tinggi Theologia Jaffray Makassar. Adapun metode yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan cara mengumpulkan data melalui observasi lapangan, wawancara dan angket serta melalui kepustakaan yaitu melalui buku-buku yang ada diperpustakaan.

Dari hasil penelitian ini maka penulis menarik kesimpulan. Pertama, Peraturan sekolah adalah hal yang sangat baik dan memang harus ada karena dengan adanya peraturan sekolah maka itu akan menolong mahasiswa untuk dijadikan sebagai patokan yang harus diikuti. Kedua, Peraturan sekolah ketika ditaati maka itu akan berguna bagi kehidupan setiap orang dan untuk mengawasi disiplin dan tingkahlakuh sehari-hari. Ketiga, pembentukan karakter dapat dialami seseorang baik di dalam keluarga, sekolah dan masyarakat. Pembentukan karakter akan memengaruhi cara pandang terhadap diri dan lingkungannya yang tercermin lewat prilakunya sehari-hari, sebab lingkungan dimana seseorang tinggal merupakan salah satu yang dapat memengaruhi pertumbuhan karakternya. Keempat, dengan adanya peraturan sekolah khusus peraturan bagian bidang kemahasiswaan, akan memberikan pengaruh yang sangat baik kepada setiap mahasiswa yang ada di STT Jaffray Makassar, khususnya dalam pembentukan karakter kedisiplinan, tanggung jawab, kejujuran dan ketaatan.

 

References

Astika, Made, Selviyanti Sari Bunga. “Hubungan Kompetensi Sosial Guru Kristen Terhadap Perkembangan Karakter Siswa: Tantangan Pendidikan Kristen Dalam Mencerdaskan Youth Generation.” Jurnal Jaffray 14, no. 1 (April 2016): 63-76.
Busthan, Paskalinus C. Catatan Kuliah Seminar Pendidikan Agama Kristen. Makassar: Sekolah Tinggi Theologia Jaffray, 2018. Belum dipublikasikan.
Caram, Paul G. Kekristenan Sejati. Jakarta: Voice Of Hope, 2004.
Cully, Iris V. Dinamika Pendidikan Kristen. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2009.
Drescher, John M. Tujuh Kebutuhan Anak. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2009.
Eko, Yusuf Basuki. Kristen Pemenang: Meraih Kemenangan Iman Dengan Stategi Tuhan. Yogyakarta: Garudhawaca, 2014.
Esmoda. “Penanaman Nilai-nilai Kejujuran Dalam Menyiapkan Karakter Bangsa,” Jurnal Innovation 10, no. 1 (Januari-Juni 2011): 151-166, diakses 2 Agustus 2018,
http:e-journal.iainjambi.ac.id/index.php/Innovation/article/download/537/501.
Fletcher, Verne H. Lihatlah Sang Manusia. Yogyakarta: Duta Wacana University Press, 1990.
Gunarsa, Singgih D. dan Yulia Singgih D. Gunarsa. Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2011.
Gunarsa, Singgih D. dan Y. Singgih D. Gunarsa. Psikologi Praktis: Anak, Remaja dan Keluarga. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 1993.
Gunarsa, Singgih D. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Gunung Mulia, 1992.
Hadisubrata. Mengembangkan Kepribadian Anak Balita: Pola Pendidiksn Untuk Meletakkan Dasar Kepribadian Yang Baik. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 1988.
Irwansa, A., Muh. Arsyad Maf’ul. “Analisis Pelaksanaan Tata Tertib Sekolah Pada Siswa di SMK Negeri 1 Makassar,” Jurnal Tomalebbi II, no. 1, (2015): 1-13. Diakses 08 Mei 2018. http://ojs.unm.ac.id/tomalebbi/article/view/1670/716.
Komalasari, Kokom dan Didin Saripudin. Pendidikan Karakter. Bandung: Refika Aditama, 2017.
Kurniasih, Imas & Berlin Sani. Pendidikan Karakter. Jakarta: Katapena, 2017.
Kurniawan, Syamsul. Pendidikan Karakter. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA, 2013.
Kusmitasari, Reni Muh. Najib Husaain, Jumrana. “Persepsi Mahasiswa Pada Sistem Layanan Sirkulasi Di UPT Perpustakaan Universitas Halu Oleo,” Skripsi S. Sos, Universitas Hulu Oleo.” Jurnal Ilmu Komunikasi UHO. 1, no. 3 (2016): 1-22. Diakses 20 Juni 2018.
http://ojs.uho.acid/index.php/KOMUNIKASI/search/authors/view?firstName=Reni&middleName=&lastName=Kusmitasari&a99ffliation=Hulu%200University&country=.
Lickona, Thomas. Mendidik Untuk Membentuk Karakter: Bagaimana Sekolah Dapat Mengajarkan Sikap Hormat dan Tanggung Jawab. Jakarta: Bumi Aksra, 2012.
Linda, dan Richard Eyre. Mengajarkan Nilai-Nilai kepada Anak. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 1995.
Magunwijaya, Y. B. Menumbuhkan Sikap Religius Anak-anak. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 1991.
Mayeni, Monica Manurung dan Rahmadi. “Identifikasi Faktor-faktor Pembentukan Karakter Mahasiswa.” Jurnal Analisis Pendidikan Tinggi. 1, no. 1 (2017): 1-6. Diakses 13 Juli 2018. http://www.journal.fdi.or.id/index.php/jaspt/article/download/67/45/.
Mulyasa, E. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara, 2014.
Mulyono, Bambang Y. Kenakalan Remaja Dalam Prespektif Pendekatan: Sosiologis-Psikologis-Teologis dan Usaha Penanggulangannya. Yogyakarta: ANDI Offset, 1986.
Mutak, Alfius Areng. “Disiplin Rohani Sebagai Praktek Ibadah Pribadi,” Jurnal Theologi Aletheia 18, no. 10 (Maret 2016): 1-24. Diakses 2 Agustus 2018. http://sttaletheia.ac.id/wp-content/uploads/2016/04/Disiplin-Rohani-Sebagai-Praktek-Ibadah Pribadi_Alfius-Areng-Mutak.pdf.
Nasir, Moh. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia, 1988.
Nawawi, Hadari. Administrasi Sekolah. Jakarta: Ghali Indonesia, 1986.
Oswald, Sanders J. Kepemimpinan Rohani. Bandung: Kalam Hidup, 2017.
Pedoman Masuk dan Peraturan Sekolah Tinggi Theologia Jaffray Makassar. Makassar: Sekolah Tinggi Theologia Jaffray Makassar, 2014. Belum dipublikasikan.
Ronda, Daniel. (ed). Utuslah Aku: Panggilan yang Tak Lekang Oleh Waktu. Bandung: Kalam Hidup 2012.
Samani, Muchalis dan Hariyanto. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosda karya, 2012.
Sanjaya, Wina. Penelitian Pendidikan: Jenis Metode dan Prosedur. Jakarta: Prenadamedia Group.
Setiawani, Mary., Stephen, Tong. Seni Membentuk Karakter Kristen. Jakarta: Lembaga Reformed Injili Indonesia, 1995.
Simanjuntak, Julianto & Roswitha Ndraha. Tidak Ada Anak Yang Sulit: Mendidik Anak Dengan Sukacita dan Cinta Yang Melimpah. Tangerang: Layanan Konseling Keluarga dan Karir (LK3), 2008.
Singgih, Yulia D. Gunarsa. Asas-asas Psikologi: Keluarga Idaman. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2009.
Smith, Fred. Memimpin Dengan Integritas. Jakarta: Yayasan Pekabaran Injil, 2002.
Subagyo, Andreas B. Pengantar Riset Kualitatif dan Kuantitatif. Bandung: Yayasan Kalam Hidup, 2004.
Sudjana, Nana. Tuntunan Penyususnan Karya Ilmiah. Bandung: Sinar Baru, 1988.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2017.
Tabrani, Rusyan A. Siswa Teladan. Jakarta: Sinergi Pustaka Indonesia, 2006.
Thalib, Bachri, Syamsul. Psikologi Pendidikan Berbasis Analisis Empiris Aplikatif. Jakarta: Kencana, 2017.
Tu’u, Tulus. Pemimpin Kristiani Yang Berhasil. Bandung: Bina Media Informasih 2010.
Valentine, Barbara Hertz. Sukses Dengan Bersopan- Santun. Jakarta: Djaja Sakti, 1961.
Wijaya, Hengki (ed.). Metodologi Penelitian Pendidikan Teologi. Makassar: Sekolah Tinggi Theologia Jaffray, 2016.
Wirawan, Sarlito Sarwono. Teori-teori Psikologi Sosial. Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2001.
Yeakley, Tom. Watak Pekerja Kristus. Bandung: Kalam Hidup, 2008.
Yuliati, Linda. Pembentukan Karakter Taat. Surabaya: Tiara Aksa, 2009.
Zubaedi. Desain Pendidikan Karakter. Jakarta: Kencana Prenada Group, 2011.
______. Strategi Taktis Pendidikan Karakter: Untuk PAUD dan Sekolah. Depok:
Rajawali Pers, 2017.
Published
2019-02-12
How to Cite
Reniati, & Kara Elizabeth Gruber. (2019). Pengaruh Peraturan Sekolah Terhadap Pembentukan Karakter Mahasiswa Sekolah Tinggi Theologia Jaffray Makassar. Repository Skripsi Online, 1(1), 50-55. Retrieved from https://skripsi.sttjaffray.ac.id/index.php/skripsi/article/view/23