PENGARUH PELAYANAN TUTOR TERHADAP KETAATAN ANAK USIA 9-11 TAHUN KEPADA ORANG TUA DI PPA ID-0539 ELSHADAI MUARA JAWAQ KUTAI BARAT
Abstract
Adapun yang menjadi tujuan dalam penulisan karya ilmiah ini adalah, untuk mengetahui sejauh mana pengaruh pelayanan tutor terhadap ketaatan anak usia 9-11 tahun kepada orang tua di PPA ID-0539 Elshadai Muara Jawaq Kutai Barat. Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah dengan menggunakan metode kuantitatif. Untuk melakukan metode penelitian tersebut hal yang akan dilakukan, yaitu: Pertama, pengambilan dan pengumpulan data melalui buku, jurnal, dan skripsi online yang berkaitan dengan judul yang dibahas dalam skripsi ini. Kedua, observasi lapangan dan menyebarkan angket tertutup kepada anak PPA yang berusia 9-11 tahun sebagai responden. Ketiga, wawancara langsung kepada beberapa anak usia 9-11 tahun, tutor anak usia 9-11 tahun dan orang tua anak usia 9-11. Kesimpulan dari pembahasan karya ilmiah ini, ialah: Pertama, ketika peran tutor pengajar sebagai sumber, fasilitator, motivator, pembimbing dan evaluator dilaksankan dengan baik, maka hal tersebut memberikan dampak positif terhadap anak yang tidak hanya dilihat melalui pengetahuan tetapi juga di dalam sikap anak. Kedua, Ketaatan adalah sikap yang harus dimiliki seorang anak. Untuk membantu anak menjadi taat sangat diharapkan orang tua ataupun lingkungan sekitar anak mendukung anak di dalam membimbing dan mengarahkan anak terkhususnya tutor di dalam PPA. Ketiga, Dari pelayanan tutor melalui setap peran yang telah dilaksanakan dengan sangat baik di dalam membimbing anak memberikan dampak dan pengaruh yang sangat besar terhadap sikap ketaatan anak kepada orang tua.
Kata-kata Kunci: Tutor, Ketaatan, Anak, Pelayanan, Orangtua.
References
Agung, Iskandar. “Peran Fasilitator Guru dalam Penguatan Pendidikan Karakter (Ppk).” Perspektif Ilmu Pendidikan 31, No. 2 (31 Oktober 2017): 106-119. Diakses 8 Agustus 2019. https://doi.org/10.21009/pip.312.6.
Akram Misbah, Utsman. 25 Kiat Membentuk Anak Hebat. Jakarta: Gema Insani, 2005.
Alexandra, Dandy. Meraup Rupiah dari Bisnis Jasa Konsultan. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2014.
Alkitab TB. Jakarta: Lembaga Alkitab Indonesia, 2001.
Amir, M. Taufiq. Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Jakarta: Prenada Media, 2016.
Amir, Mirna. Rahasia Mengajar dengan Kreatif, Inspiratif, dan Cerdas. Jakarta: Logika Galileo, 2011.
Andayani, Budi. “Pentingnya Budaya Menghargai dalam Keluarga.” Buletin Psikologi 10, No. 1 (29 September 2015): 1-8. Diakses 8 Agustus 2019. https://doi.org/10.22146/bpsi.7447.
Atong, Abdullah. The Ring. Yogyakarta: Deepublish, 2018.
Aziz, Rini Utami. Jangan Biarkan Anak Kita Berbohong dan Mencuri. Solo: Tiga Serangkai, 2006.
Az-Za’balawi, M. Sayyid Muhammad. Pendidikan Remaja Antara Islam & Ilmu Jiwa. Jakarta: Gema Insani, 2007.
Billy, Dennis J. Suara Hari & Doa. Yogyakarta: Kanisius, 2009.
Chomaidi, Dan Salamah. Pendidikan dan Pengajaran: Strategi Pembelajaran Sekolah. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia, 2018.
Corrigan, Thom. 101 Ide Jitu Membangun Kekompakan dalam Kelompok Kecil. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2009.
Compassion Internasional. Diakses 20 Maret 2019. https://www.compassion.com/about/where/indonesia.htm
Darmawan, I Putu Ayub. Menjadi Guru yang Terampil. Bandung: Kalam Hidup, 2014.
Devi, Nirmala. Nutrition And Food: Gizi untuk Keluarga. Jakarta: Penerbit Buku Kompas, 2010.
Drajat, Manpan. Etika Profesi Guru. Bandung: Alfabeta, 2014.
Drescher, John M. Tujuh Kebutuhan Anak : Arti, Jaminan, Penerimaan, Kasih, Doa, Disiplin dan Tuhan. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2009.
Dwijawiyata. Sopan Di Dalam Pergaulan. Yogyakarta: Kanisius, 1974.Gordon,
Thomas. Mengajar Anak Berdipisplin Diri di Rumah dan di Sekolah. Jakarta: Gramedia, 1996.
———. Menjadi Orang Tua Efektif: Petunjuk Terbaru Mendidik Anak yang Bertanggung Jawab. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2009.
Gracinia, Juliska. Ajari Aku: Solusi Praktis untuk 30 Perilaku Anak yang Menjengkelkan. Elex Media Komputindo, 2005.
Graha, Chairinniza. Keberhasilan Anak di Tangan Orang Tua. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2007.
Gunarsa, Singgih D. Psikologi Praktis: Anak, Remaja dan Keluarga. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2008.
Gunarsa, Singgih D. Psikologi untuk Membimbing. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 1992.
Hardywinoto, Dan Tony Setiabudhi. Anak Unggul Berotak Prima. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2002.
Hasmawaty. “Kemampuan Menyimak Anak Melalui Kegiatan Bercerita (Studi Kasus Pada Taman Penitipan Anak Athirah Makassar).” Jurnal Ilmu Teologi dan Pendidikan Agama Kristen 1, no. 1 (Juni 2020): 55-68. https://ojs.sttjaffray.ac.id/jitpk/article/view/463/pdf_4.
Hefni, Azizah. Sabar Itu Cinta. Jakarta: Qultummedia, 2017.
Hempitak, Nutcharee. “Pandangan Ulama’ Muang Pattani Terhadap Hadis Ketaatan Kepada Pemimpin (Studi Kasus Di Daerah Muang Pattani Thailand Selatan).” Skripsi S.Ag, Iain Surakarta, 2017. Diakses 22 Mei 2019. http://eprints.iain-surakarta.ac.id/460/.
Hendricks, Howard G. Mengajar untuk Mengubah Hidup. Yogyakarta: Gloria Graffa, 2009.
Husamah. Belajar dan Pembelajaran. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang, 2018.
Ibung, Dian. Mengembangkan Nilai Moral pada Anak. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2009.
Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan, 1994.
Kristiawan, Muhammad. Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish, 2017
Kooij, Rijn Van. Bermain dengan Api: Relasi Antara Gereja-Gereja Mainstream dan Kalangan Kharismatik dan Pentakosta. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2007.
Kristianto, Paulus Lilik. Prinsip & Praktik Pendidikan Agama Kristen. Yogyakarta: Andi, 2008.
Ktak, Tim. Teologi Anak : Sebuah Kajian. Jatim: Literatur Perkantas, 2018.
Latubessy, Anastasya, Dan Muhammad Noor Ahsin. “Hubungan Antara Adiksi Game Terhadap Keaktifan Pembelajaran Anak Usia 9-11 Tahun.” Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer 7, No. 2 (1 November 2016): 687-692. Diakses 29 April 2019. https://doi.org/10.24176/simet.v7i2.782.
Listyandari, Rosa. Jangan Tunda Mencetak Anak Hebat. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2013.
Lubis, Gelora Mulia. Guru Berkekuatan Cinta. Yogyakarta: Deepublish, 2018.
MacArthur, John. Kiat Sukses Mendidik Anak dalam Tuhan : Membesarkan Anak dengan Perhatian, Kasih Sayang dan Pikiran Sehat. Jakarta: Immanuel, 2005.
Mahfudhoh, Siti, dan Thinni Nurul Rohmah. “Faktor Yang Mempengaruhi Kepatuhan Penulisan Resep Sesuai Formularium.” Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia (JAKI) Indonesian Journal Of Health Administration (Ijha) 3, No. 1 (1 Januari 2015): 21-30. Diakses 22 Mei 2019. https://doi.org/10.20473/jaki.v3i1.2015.21-30.
Majid, Nurcholish, Abdul Gafur, dan Abdurrahman Wahid. dalam Pelita Hati. Jakarta: Pustaka Kartini, 1989.
Meiyenti, Sri. Gizi dalam Perspektif Sosial Budaya. Padang: Andalas University Press, 2018.
Mohamad. Mendidik Itu Mencintai. Surabaya: Caremedia Communication, 2018.
Mulder, Niels. Mistisisme Jawa. Yogyakarta: Lkis Pelangi Aksara, 2013.
Musriadi. Profesi Kependidikan Secara Teoretis dan Aplikatif. Yogyakarta: Deepublish, 2018.
Nizar, Samsul, Dan Zainal Efendi Hasibuan. Pendidik Ideal Bangunan Character Building. Depok: Kencana, 2018.
Ovita, Windya. Serba-Serbi Anak : Yang Perlu Diketahui Seputar Anak dari dalam Kandungan Hingga Masa Sekolah : Tinjauan Psikologis dan Kedokteran. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2007.
Peitono, Yan Djoko. Mendidik Anak Sepenuh Hati. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2014.
Pulungan, Jemina S. Efisiensi Kerja dalam Pekerjaan Rumah Tangga. Jakarta: Kencana, 2013.
Purwanti, Nanda, Dan Abdul Amin. “Kepatuhan ditinjau dari Kepribadian Ekstrovert-Introvert.” Jurnal Psikologi : Jurnal Ilmiah Fakultas Psikologi Universitas Yudharta Pasuruan 3, No. 2 (2 September 2016): 87-93. Diakses 22 Mei 2019. https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/ilmu-psikologi/article/view/844.
Rachmawati, Yeni. Strategi Pengembangan Kreativitas pada Anak. Jakarta: Kencana, 2012.
Rangkuti, Freddy. Costomer Care Excellence : Meningkatkan Kinerja Perusahaan melalui Pelayanan Prima. Jakarta: Gramedia, 2017.
Rimm, Sylvia B. Mendidik dan Menerapkan Disiplin pada Anak Prasekolah: Pola Asuh Anak Masa Kini. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2003.
Risthantri, Putri, dan Ajat Sudrajat. “Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua Dan Ketaatan Beribadah Dengan Perilaku Sopan Santun Peserta Didik.” Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan Ips 2, No. 2 (30 September 2015): 191-202. Diakses 30 April 2019. https://doi.org/10.21831/hsjpi.v2i2.7670.
Saifuddin. Pengelolaan Pembelajaran Teoretis dan Praktis. Yogyakarta: Deepublish, 2018.
Sandjaja, Kamus Gizi: Pelengkap Kesehatan Keluarga. Jakarta: Penerbit Buku Kompas, 2009.
Sanjaya, Wina. Strategi Pemebelajaran Berorentasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana, 2009.
Santoso, Singgih. Kupas Tuntas Riset Eksperimen Dengan Excel 2007 Dan Minitab 15. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2010.
Saputra, Imelda. Be A Winner Like Me. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2013.
Sareong, Irene Priskila dan Tri Supartini. “Hubungan Komunikasi Interpersonal Guru dan Siswa Terhadap Keaktifan Belajar Siswa di SMA Kristen Pelita Kasih Makassar.” Jurnal Ilmu Teologi dan Pendidikan Agama Kristen 1, no. 1 (Juni 2020): 29-42. https://ojs.sttjaffray.ac.id/jitpk/article/view/466/pdf_2.
Serli dan Hengki Wijaya. “Metode Permainan Dalam Meningkatkan Pemahaman Firman Tuhan Pada Remaja GKII Okahapi Sumba Timur.” Jurnal Ilmu Teologi dan Pendidikan Agama Kristen 1, no. 1 (Juni 2020): 17-28. https://ojs.sttjaffray.ac.id/jitpk/article/view/459/pdf_1.
Setiawani, Mary Go. Menerobos Dunia Anak. Bandung: Kalam Hidup, 2004.
Seto. Cerdas Emosi: Membantu Anak Balita Mengelola Amarahnya. Jakarta: Erlannga, 2004.
Siyoto, Sandu, dan Muhammad Ali Sodik. Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing, 2015.
Sriewijono, Alexander, Becky Tumewu, dan Erwin Parengkuan. Talkinc Points For Kids : Kenali Diri, Gali Mimpi dan Ekspresikan Dirimu dengan Berani, Benar dan Santun. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2010.
Stanislaus, Surip. Bimbing Anak Cinta Alkitab. Yogyakarta: Kanisius, 2010.
Subagyo, Andreas B. Pengantar Riset Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Kalam Hidup, 2004.
Sudjana, Djudju. Ilmu dan Aplikasi Pendidikan. Jakarta: Grasindo, 2007.
Sudjana, Nana. Tuntunan Penyusunan Karya Ilmiah. Bandung: Sinar Baru, 1988.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2018.
Surbakti, E.B. Benarkah Injil Kabar Baik? : Bagaimana Menyatakan Injil dalam Perspektif Lokal. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2008.
Susanto, Ahmad, dan Prenadamedia. Bimbingan & Konseling Di Tamank Kanak-Kanak. Jakarta: Prenada Media, 2015.
Suzana, Tjipta. Mempertimbangan Hukuman Pada Anak. Yogyakarta: Kanisius, 2007.
Syarbini, Amirulloh. Model Pendidikan Karakter dalam Keluarga. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2014.
Syuhud, A. Fatih. Merajut Rumah Tangga Bahagia. Jakarta: Pondok Pesantren Al-Khoirot, 2014.
Tangkilisan, Hessel Nogi S. Manajeman Publik. Jakarta: Gramedia, 2007.
Tillman, Diane. Living Values Parent Groups : Pendidikan Nilai Kelompok Orang Tua : Paduan Bagi Fasilitator. Jakarta: Grasindo, 2001.
Tiraada, Tryana Am. “Kesadaran Perpajakan, Sanksi Pajak, Sikap Fiskus Terhadap Kepatuhan Wpop Di Kabupaten Minahasa Selatan.” Jurnal Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi 1, No. 3 (2013). Diakses 22 Mei 2019. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/2305.
Tong, Stephen. Seni Membentuk Karakter Kristen. Surabaya: Mementum, 2013.
Waluya, Bagja. Sosiologi: Menyelami Fenomena Sosial di Masyarakat. Bandung: Setia Purna Inves, 2007.
Wijanarko, Jarot. Mendidik Anak dengan Hati. Jakarta: Happy Holy Kids, 2018.
Wijaya, Hengki (ed.). Metode Penelitian Pendidikan Teologi. Makassar: Sekolah Tinggi Theologia Jaffray, 2016.
Wijaya, Oscarius Y. A. Entrepeneur: Bagaimana Menciptakannya - Wawasan & Ide dalam Proses Pengajaran Kewirausahaan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2017.
Yuliati, Linda. Pembentukan Karakter Taat. Surabaya: Tiara Aksa, 2009.
Yusuf, Muri. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana, 2017.