ANALISIS PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP MINAT BELAJAR ANAK USIA 7-10 TAHUN SEKOLAH MINGGU DI GKII PAROUSIA MAKASSAR

  • Yunan Max Yikwa Sekolah Tinggi Filsafat Theologia Jaffray Makassar
  • Leonard Sumule Sekolah Tinggi Filsafat Theologia Jaffray
Keywords: Media, Audio Visual, Minat Belajar, Sekolah Minggu

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: Pertama, memberi penjelasan yang jelas dan tepat mengenai pengaruh media belajar dalam peningkatkan minat belajar sekolah minggu GKII Parousia Makassar melalui penggunaan media elektronik di dalam mengajar sekolah minggu. Kedua, untuk memelajari sejauh mana hubungan antara penggunaan media elektronik dalam meningkatkan minat belajar dengan  metode mengajar guru. Adapun metode penelitian yang dipakai dalam penulisan skripsi ini adalah metode penelitian kuantitatif. Selain itu, penulis juga menggunakan beberapa sumber seperti buku dan internet untuk menolong dalam mencari teori. Setelah menganalisa dan menginterpretasikan semua data yang ada pada setiap tabel, maka dapat diambil sebuah kesimpulan yang berhubungan dengan pentingnya pengaruh penggunaan media teknologi terhadap minat belajar anak bagi pelayanan Gereja Kemah Injil Indonesia Jemaat Parousia Makasar. Adapun hasil penelitiannya adalah sebagai berikut: Pertama, Media dalam mengajar itu sangat berpengaruh terhadap minat belajar anak di sekolah minggu. Anak-anak akan lebih tertarik untuk memperhatikan dan mengerti jika ada media yang digunakan. Kedua, Media yang digunakan harus kreatif atau dengan kata lain tidak monoton sehingga dapat menarik minat anak untuk mendengar dan memperhatikan. Ketiga, Media yang digunakan harus bisa menyeimbangi kemajuan teknologi yang sementara sedang berkembang. Hal ini menjadi tidak susah oleh karena ada kemudahan dari kemajuan teknologi itu sendiri. Keempat, Guru sekolah minggu sangat berpengaruh juga untuk menarik minat belajar anak sehingga guru sekolah minggu harus memperhatikan dirinya dan anak-anak yang diasuhnya. Kelima, pada waktu mengajar sekolah minggu perlu untuk mengumpulkan HP selama kelas sekolah minggu dijalankan agar tidak mengganggu pembelajaran firman Tuhan.

 

References

Ali, Muhamad. “Pengembangaan Media Pembelajaran Interaktif Mata Kuliah Medan Elektromagnetik.” Jurnal Edukasi Elektro 5, no. 1 (Maret 2009): 11-18. Diakses 15 Maret 2019.
https://id.portalgaruda.org/index.php?ref=browse&mod=viewarticle&article=52423.
Alkitab (TB). Jakarta: Lembaga Alkitab Indonesia, 2009.
Arifin, Zainal. Evaluasi Pembelajaran: Prinsip, Tehnik dan Prosedur. Bandung: Remaja Rosdakrya, 2016.
Arniwati dan R. Budyarto. Dampak Teknologi terhadap Kehidupan Rohani Anak dan Remaja. Malang: Gandum Mas, 2012.
Arsriani, Ida Ayu Inten dan Gede Sri Darma. “Peran Media Sosial Online Dan Komunitas Terhadap Keputusan Nasabah Bank.” Jurnal Manajemen dan Bisnis 10, no. 2 (September 2013): 48-68. Diakses 29 Maret 2019.
http://journal.undiknas.ac.id/index.php/magister-manajemen/
Arsyad, Azhar. Media Pembelajaran. Jakarta: Grafindo Persada, 2009.
Bachtiar, Harsja W. Media Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2008.
Berkhof, Louis. Teologi Sistematika Volume 1: Doktrin Allah. Surabaya: Momentum 2005.
Buletin Gereja Kemah Injil Indonesia Jemaat Parousia No. 074. Makassar, 11 Juni 2017.
Danim, Sudarwan. Teknologi Pendidikan Dan Media Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 1995.
______________. Media Komunikasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 1995.
Djamarah, Syaiful Bahri. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta, 2005.
Drane, James. Pendidikan Guru. Jakarta: Pustaka Setia, 1996.
Gagne, dkk. Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar Masa Kini. Jakarta: Depdikbud, 1988.
Gea, Antonius Atosokhi. “Integritas Personal dan Kepemimpinan Etis,” Humaniora 5, no. 2 (Oktober 2014): 950-959. Diakses 23 Maret 2019.
https://studylibid.com/doc/932213/integritas-personal-dan-kepemimpinan-etis.
Gulo, Ya’amati. “Pengaruh Keteladanan Guru Menurut 1 Timotius 4:12 Terhadap Perilaku Anak Usia 6-12 Tahun di GBI Sungai Yordan Roxi.” Diakses 18 Maret 2019.
https://imelris.wordpress.com/2015/03/10/pengaruh-keteladanan-guru-menurut-1-timotius-412-terhadap-perilaku-anak-usia-6-12-tahun-di-gbi-sungai-yordan-roxi/.
Gunarsa, Singgih D. Dasar dan Teori Perkembangan Anak. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2011.
Hamid, Farida. Kamus Ilmiah Populer Lengkap. Surabaya: Apollo, t.t.
Hasmawaty. “Kemampuan Menyimak Anak Melalui Kegiatan Bercerita (Studi Kasus pada Taman Penitipan Anak Athirah Makassar).” Jurnal Ilmu Teologi dan Pendidikan Agama Kristen 1, no. 1 (Juni 2020): 56-68. https://ojs.sttjaffray.ac.id/jitpk/article/view/463.
Hurlock, Elizabeth. Perkembangan Anak. Jakarta: Airlangga, 1998.
Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 2001.
Kartono, Kartini. Psikologi Anak Psikologi Perkembangan. Bandung: Mandar Maju, 1995.
Keeley, Robert J. Menjadikan Anak-Anak Kita Bertumbuh Dalam Iman. Yogjakarta: Andi, 2013.
Kristianto, Paulus Lilik. Prinsip Dan Praktek Pendidikan Agama Kristen. Yogyakarta: Andi Offset, 2006.
Lewis, Rodger. Karya Kristus Di Indonesia. Bandung: Kalam Hidup 2014.
Lie, Paulus. Metode Anak Aktif Dalam Bercerita Membaca Alkitab. Yogyakarta: Andi, 2002.
Liputan6. “Pengaruh Perkembangan Teknologi Dalam Kehidupan Manusia.” Diakses 18 April 2019.
https://liputan6.com/citizen6/read/553984/pengaruh-perkembangan-teknologi-dalam-kehidupan-manusia?related=dable&utm_expid=.t4QZMPzJSFeAiwlBIOcwCw.1&utm_referrer=https%3A%2F%2Fwww.google.com%2F.
Nadapdap, Marta Uli. “Pengaruh Profesionalisme Guru Sekolah Minggu Terhadap Pemahaman Materi yang Diajarkan Pada Anak Usia 9-12 (Kelas Besar) Tahun Di GBI Taman.” Regula Fidei 1, no. 2 (September 2016): 306-327. Diakses 13 April 2019.http://ejournal.uki.ac.id/index.php/regulafidei/article/download/629/489/&ved=2ahUKEwiUxejjqLHkAhU2H7cAHdoXBjAQFjABegQIARAB&usg=AOvVaw0cahsML6Uwept6QynKK3rW.
Nasution, S. Teknologi Pendidikan. Bandung: CV Jemmars, 1987.
Panjaitan, Hondi. “Pertobatan Akademis.” Humaniora 4, no. 2 (Oktober 2013): 1048-1054. Diakses 20 Maret 2019.
https://media.neliti.com/media/publicatons/167529-ID-pertobatan-akademis.pdf&ved=2ahUKEwi4K_OcrLHkAhVFq48KHXRnC_gQFjANegQlBhAB&usg=AOvVaw2K6nNTGcEiRqcjbPRUoX6f.
Richards, Lawrence O. Pelayanan Kepada Anak-Anak, Mengayomi Kehidupan Iman Dalam Keluarga Allah. Bandung: Kalam Hidup, 2007.
Sareong, Irene Priskila dan Tri Supartini. “Hubungan Komunikasi Interpersonal Guru dan Siswa Terhadap Keaktifan Belajar Siswa di SMA Kristen Pelita Kasih Makassar.” Jurnal Ilmu Teologi dan Pendidikan Agama Kristen 1, no. 1 (Juni 2020): 29-42. https://ojs.sttjaffray.ac.id/jitpk/article/view/466.
Sari, Yenda, Een Yayah Haenilah, Lilik Sabdaningtyas. “Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini.” Jurnal Pendidikan Anak 1, no. 3 (2015): 1-11. Diakses 21 April 2019.
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/PAUD/article/view/9481.
Serli dan Hengki WIjaya. “Metode Permainan Dalam Meningkatkan Pemahaman Firman Tuhan Pada Remaja GKII Okahapi Sumba Timur.” Jurnal Ilmu Teologi dan Pendidikan Agama Kristen 1, no. 1 (Juni 2020): 17-28. https://ojs.sttjaffray.ac.id/jitpk/article/view/459.
Setiawani, Mary Go. Pembaharuan Mengajar. Bandung: Kalam Hidup, 2005.
Shelly, Judith Allen. Kebutuhan Rohani Anak. Bandung: Kalam Hidup, 2003.
Sidjabat, B. S. Menjadi Guru Profesional: Sebuah Perspektif Kristiani. Bandung: Kalam Hidup, 2000.
Soeharto, Kartini dkk. Teknologi Pembelajaran. Surabaya: Intelektual Club, 2003.
Sugiyono. Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: ALFABETA, 2014.
Sumanto. Metodologi Penelitian Sosial & Pendidikan. Yogyakarta: ANDI, 1990.
Surbakti, Elisa B. Sahabat Gembala. Bandung: Kalam Hidup, 2007.
Suryabrata, Sumadi. Psikiologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali, 1984.
Wijaya, Hengki (ed.). Metodologi Penelitian Pendidikan Teologi. Makassar: Sekolah Tinggi Theologia Jaffray, 2016.
Winarno, S. Dasar dan Teknik Research. Bandung: Tarsitu, 1978.
“Fungsi dan Manfaat Media Pembelajaran.” Diakses 29 Maret 2019.
https://herminegari.wordpress.com/perkuliahan/fungsi-dan-manfaat-media-pembelajaran/.
“Media dan Teknologi.” Diakses 8 Maret 2019. https://www.winnertech.co.id/media-dan-teknologi/.
“Pengertian Kreatif: Arti, Bentuk dan Ciri-ciri Orang Kreatif.” Diakses 15 Maret 2019. https://www.maxmanroe.com/vid/umum/pengertian-kreatif.html.
“Teori Media Pembelajaran Menurut Para Ahli.” Diakses 30 Maret 2019. https://pakarkomunikasi.com/teori-media-pembelajaran-menurut-para-ahli.
“Tujuh Hal Dasar Yang Wajib Dimiliki Guru Sekolah Minggu.” Diakses 24 April 2019. http://pepak.sabda.org/tujuh_hal_dasar_yang_wajib_dimiliki_guru_sekolah_minggu.
Published
2021-02-26
How to Cite
Yikwa, Y. M., & Sumule, L. (2021). ANALISIS PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP MINAT BELAJAR ANAK USIA 7-10 TAHUN SEKOLAH MINGGU DI GKII PAROUSIA MAKASSAR. Repository Skripsi Online, 3(1), 117-125. Retrieved from https://skripsi.sttjaffray.ac.id/index.php/skripsi/article/view/116